Iklan Detik Sumsel

Dalami Ilmu Jurnalis TV, Mahasiswa FAHUM UIN RF Kunjungi Studio Pal TV

0
334
Kunjungan Mahasiswa FAHUM UIN RF Ke Studio Pal TV Palembang

Palembang, Detik Sumsel – Guna mengenal lebih dalam tentang ilmu Jurnalis Televisi, puluhan mahasiswa 15 SPI A, Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Raden Fatah (RF) adakan kunjungan langsung ke Studio Pal TV, Jalan Angkatan 45, Lorok Pakjo Palembang.

“Kunjungan ini sengaja dilakukan dengan tujuan untuk mendalami ilmu Jurnalis televisi. Alhamdulillah, banyak juga mahasiswa yang antusias untuk mengikutinya,” ujar Dosen mata kuliah Jurnalistik FAHUM, Abdul Malik, Jumat (16/11).

Dosen yang mendampingi langsung para masiswa tersebut juga mengatakan, tidak hanya sebatas mahasiswa 15 SPI A saja yang ikut dalam kunjungan tersebut, namun adapula mahasiswa dengan jurusan yang sama juga nampak ikut serta dalam kegiatan tesebut.

“Begitulah, antusias mereka dapat kita lihat. Meski telah dibagi menjadi dua gelombang,” jelasnya.

Baca Juga :   Beri Motivasi Alumni Baru FSH Menghadapi Dunia Kerja

Sementara, Pemimpin Redaksi (Pemred) Pal TV, Julius Lumban Gaol nampak menyambut hangat kedatangan para mahasiswa 15 SPI A yang berkunjung tersebut.

Dalam hal ini, Julius juga nampak sampaikan berbagai hal kepada para mahasiswa terkit pekerjaan jurnalistik, produk jurnalistik serta kepentingan jurnalistik.

“Disini kita juga sampaikan bagaimana seharusnya menjadi presenter, langkah-langkah membaca berita, bentuk berita, dan masih banyak juga yang diberikan berkenaan dengan Jurnalistik televisi,” katanya.

Masih dikatakan, para mahasiswa tersebut juga ditunjukkan tentang pekerjaan seorang jurnalis sesungguhnya, baik dalam meliput berita, pengambilan foto/gambar, hingga penulisan naskah untuk dibacakan pada saat berita disiarkan.

“Menjadi seorang jurnalis tidak hanya untuk lulusan dari ilmu jurnalistik, semua bidang ilmu bisa terjun sebagai seorang jurnalis asal ia ada kemauan, kemampuan, dan menekuni bidang jurnalistik. Jadi, jurnalistik itu terbuka untuk siapa saja, tetapi tidak untuk lulusan kedokteran.” terangnya.

Baca Juga :   Selain Waktu, Menag Juga Harapkan Mutu dan Kualitas Kampus B UIN RF Palembang

Diketahui juga bahwa, selain mengelilingi area kerja studio Pal TV, para mahasiswa tersebut juga diminta untuk mengamati contoh pembacaan berita yang dibacakan langsung oleh salah satu presenter peraih penghargaan pada Anugerah Gemilang Penyiaran 2018 KPID Sumsel, Kiki Marina.

“Memang penampilan presenternya menarik sekali. Disini kita juga sangat semangat ketika presenter tersebut memberikan tips untuk menjadi seorang presenter yang baik dan menjadi menarik untuk dilihat dilayar televisi,” kata Retno, salah satu mahasasiwa mata kuliah Jurnalistik FAHUM. (**)


Penulis Merupakan Salah Satu Mahasiswa UIN RF Fakultas FAHUM / Retno Fatmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here