• Sabtu, 23 September 2023

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dandim Muara Enim Tekankan Tiga Poin Penting Kepada Anggotanya

- Kamis, 1 Juni 2023 | 20:13 WIB
Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar Jadi Irup Upacara Hari Lahir Pancasila
Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar Jadi Irup Upacara Hari Lahir Pancasila

Muara Enim, Detiksumsel.com -- Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 satuan jajaran Kodim 0404 Muara Enim menggelar upacara memperingati hari lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023) di halaman Makodim 0404 Muara Enim.

Dimana bertindak sebagai inspektur upcara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar dengan diikuti oleh Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Cbh Jauhari dan seluruh PJU Kodim Muara Enim beserta staf jajarannya dan Upacara tersebut berlangsung secara hikmat.

Dandim 0404 Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar dalam amanatnya menekankan dan mengingatkan kepada jajaranya untuk dapat mengimplentasikan 3 poin penting sesuai arahan Panglima TNI kepada jajaranya untuk dapat di lakukan dalam menjalankan tugas maupun pada saat didalam lingkungan sahari-hari.

"Tiga poin penting TNI dalam menjalankan tugas dan dilingkungan yakni TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang 1945. Kedua, jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan dengan di tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, jaga trus sinergitas antara TNI/Polri kementerian dan lembaga lainnya,"ungkap Dandim dalam amanatnya.

Ditegaskannya, bahwa TNI wajib untuk betsinergi satu sama lain dengan berbagai pihak seperti Polri, Pemerintah, dan pihak lainnya.

" Untuk kita sadari kita adalah bagian sistem saling membutuhkan, maka dari itu di perlukan semangat untuk bekerjasama bersinergi dan bergotong royong menyonsong kemajuan bangsa,"tegasnya.

Kemudian, Dandim Rimba juga menekankan kepada jajaranya untuk dapat menjaga Netralitas dan dapat menjaga Kondusifitas kepada masyarakat dalam pesta Demokrasi mendatang.

" Kita ini sudah memasuki tahun politik, dari itu saya tekan kembali kepada seluruh jajaran anggota, jaga selalu Netralitas itu dan jaga Kondusifitas di masyarakat ,"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim juga menyampaikan dalam momentum upacara memperingati hari lahir Pancasila, dirinya mengingatkan kepada masyarakat, untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian, juga meminta kepada masyarakat dapat menjaga kondusifitas di lingkungan nya mengingat ini sudah memasuki tahun politik.

"Pancasila itu, adalah lambang dan landasan negara kita ya, dari itu saya harap, ke-5 pokok nilai pancasila dapat kita renungkan dan dapat kita jalankan di kehidupan di masyarakat. Sehingga, nilai-nilai Pancasila itu akan menjadi benteng diri kita dari segala ancaman upaya memecah belah nilai-nilai kesatuan bangsa kita," pungkasnya.

Editor: TSA

Tags

Terkini

Geger, Warga Sumbar Ditemukan Tewas di Kosan Muara Enim

Jumat, 15 September 2023 | 08:52 WIB

Tim Arung Jeram Muara Enim Siap Bertarung di Porprov XIV

Selasa, 12 September 2023 | 19:39 WIB
X