Setelah Fatwa MUI Dikeluarkan, Maka APH Dapat Lakukan Tindakan Tegas Kepada Raja Adil CS

- Selasa, 28 Maret 2023 | 15:44 WIB
Raja Adil Cs
Raja Adil Cs

Indralaya, Detiksumsel.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ogan Ilir Dr Nurhasan mengatakan bahwa Rosidi alis Siddig alias Raja Adil dan pengikutnya dapat ditindak tegas atau masuk keranah pidana.

Diamana diketahui sebelumnya Raja Adil yang beralamat di Desa Kuang Dalam Timur Ogan Ilir melakukan penyebaran ajaran Tasawuf Makom Hakiki Mutlak yang di anggap sesat.

"Fatwa itulah yang akan menjadi dasar APH melakukan tindakan tegas terhadap mereka (kelompok aliran sesat)," tegasnya. Selasa, (28/3/2023).

Dikatakan Nurhasan, dari pada hal itu menjadi sesuatu yang besar maka katanya perlu dilakukan tindakan secara tegas.

Nurhasan menjelaskan untuk Fatwanya sendiri selambat-lambatnya akan dikeluarkan setelah lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah nanti.

"Kita telah lakukan investigasi serta mewawancarai langsung dengan yang bersangkutan juga pengikutnya, Kasus ini sudah bergulir kurang- lebih selama 5 bulan. Sebelumnya kita sudah keluarkan pandangan. Untuk fatwanya sendiri akan kita kelurkan setelah lebaran nanti," sambung Nurhasan.

Dikatakan Nurhasan pandangan MUI tersebut akan menjadi sumber utama keluarnya fatwa nantinya.

Dalam mengeluarkan Fatwa, MUI tentunya memiliki mekanisme tersendiri, salah satunya dengan melaporkan hal tersebut ke MUI provinsi hingga pusat, juga mempelajari apakah ada ajaran serupa di daerah lainya khusnya di Provinsi Sumatra Selatan (sumsel).

"Dari MUI kemaren awal Romadhan sekapat di daerah lain di Sumsel tidak ada aliran yang sama atau serupa," ucapnya.

Hal lain, yang menjadi pertimbangan MUI Ogan Ilir belum mengeluarkan Fatwanya adalah ingin melihat apakah setelah dilakukan arahan dan pencerahan menyadari apa yang dilakukanya atau tidak. Karena hal ini menyangkut nasif orang lain.

"Atau justru malah menantang dalam arti lain meminta dibenarkan atau menganggap dirinya benar," tungkasnya (AL)

Editor: TSA

Tags

Terkini

X