Iklan
Pemprov
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda saat melakukan Sidak distributor obat hewan di Jalan Soekarno Hatta Palembang

Cek Peredaran Zat Formalin, Fitri Kunjungi Distributor Obat Hewan

Palembang, Detik Sumsel – Sebagai upaya dalam melindungi masyarakat terkait penggunaan zat formalin yang kerap kali digunakan sebagai bahan makanan, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda terjun langsung mengunjungi PT SHS International serta Agro Jaya Sejahtera yang merupakan distributor obat hewan di Jalan Soekarno Hatta Palembang.

Kehadiran Wakil Walikota Palembang dua periode tersebut juga bukan tanpa alasan, dirinya sengaja meninjau langsung kantor distributor obat hewan guna memantau kesediaan zat kimia (formalin) yang kerap kali digunakan sebagai bahan campuran makanan yang dinilai berbahaya.

“Untuk di perusahaan pertama tadi kita tidak menemukan zat formalin yang memang masih murni (berbentuk putih). Disana tadi jadi sudah terbentuk formula yang sudah tercampur zat berwarna biru dan tidak mungkin kalau dicampurkan dengan makanan,” kata Fitri, Rabu (24/03).

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Berang Mantan Polisi "Nyaleg" Kampanye Masih Berseragam Coklat

Dijelaskannya, Pemerintah kota Palembang akan terus bekerjasama dengan pihak kepolisian serta instansi terkait lainnya untuk terus menyelidiki terkait penjualan bebas zat formalin. “Kalau tempat yang kedua ini, sejak tahun 2019 sudah tidak menjual lagi formalin,” jelasnya.

Masih dikatakannya, bahwa tidak hanya hari ini saja, Pemerintah kota Palembang bersama instansi terkait akan terus mendatangi satu persatu distributor guna meminta data dan informasi terkait pendistribusian zat formalin.

“Yang kita cari formalin yang betul-betul masih murni yang berbentuk putih. Sekarang sedang kita gali informasi dari 23 disributor, ada dua yang memang menjual produk ini dalam arti besar,” ujarnya.

Baca Juga :   BNPB: Penanganan Covid-19 di Muba Patut Dicontoh Kepala Daerah lainnya

“Kita akan cari juga informsi kemana-mana saja zat kimia ini biasa mereka jual belikan. Karena kita akan betul-betul mengawasi, sehingga tidak lagi bisa dibeli oleh oknum secara bebas,” tambahnya.

Disampaikan Fitri, selain disributor besar, pihaknya juga mendapatkan informasi bahwa terdapat beberapa toko kecil yang juga biasa menjual formalin dengan kandungan murni.

“Ini akan kita selidiki bersama-sama, baik dari pihak Kepolisian dan kita akan sama-sama menelusuri, paling tidak dengan langkah ini kita bisa memberikan Warning agar dapat lebih berhati-hati dalam menjual produk ini,” tungkasnya. (Ril/Bet)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Selama Covid-19 Kebutuhan Darah Melonjak

Palembang, Detik Sumsel – Kebutuhan akan darah selama pandemi Covid-19 di Kota Palembang mengalami lonjakan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *