Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah Cegah DBD, Satu Rumah Harus Ada Satu “Jumantik”

Cegah DBD, Satu Rumah Harus Ada Satu “Jumantik”

Tanggal : Pukul :
257
0
Kabid Pengendalian Penyakit Menular, H Ubaidillah. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Dinas Kesehatan Lahat mencatat, hingga Maret tahun ini sudah ada 47 penderita demam berdarah dengue (DBD). Angka ini sudah separuh dari penderita DBD tahun 2017 lalu, sebanyak 87 orang dan meninggal 3 orang. Sedangkan untuk tahun 2018 tercatat ada 74 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, melalui Kabid Pengendalian Penyakit Menular, H Ubaidillah SKM MKes menyampaikan, dalam mengendalikan virus dengue dari nyamuk Aedes Aegpti, diperlukan pengawasan dan gerakan 1 rumah 1 jumantik.

“Oleh karena itu, diperlukannya juru pemantau jentik (Jumantik) per satu rumah, supaya dapat mengendalikan DBD,” ulasnya, ditemui, Rabu (29/5).

Lanjutnya, Jumantik tersebut nantinya berperan melakukan penyuluhan kepada masyarakat, agar melakukan 3M Plus. (menguras, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas). Sehingga masyarakat terhindar dari nyamuk Aedes Aegpti.

“Tugas Jumantik ini untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus. Mengkampanyekan kepada masyarakat cara penecagahan,¬† seperti 3M Plus,¬†menaburkan larvasida pembasmi jentik, memelihara ikan, serta menganti air dalam pot/vas,” jelasnya. (heru).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here