Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Cari Anak Muda Kreatif Lewat Program Satu Indonesia Awards

Cari Anak Muda Kreatif Lewat Program Satu Indonesia Awards

Tanggal : Pukul :
271
0
Pembicara dan peserta program satu Indonesia Award berfoto bersama usai kegiatan. (M.Tohir/Detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Setelah Ternate dan Pontianak, Palembang menjadi kota ketiga dilaksanakanya seleksi untuk program Satu Indonesia Awards , dengan total hadiah secara nasional mencapai Rp 60 juta.

Deputy Chief Of Corporate Affairs Astra , Riza Deliansyah mengatakan
Program Satu Indonesia Awards Astra ini , sudah dilaksanakan sejak 10 tahun lalu yang bertujuan bisa menciptakan generasi muda yang potensial, kreatif dan mampu melakukan perubahan terutama yang sejalan dengan program astra yakni disektor pendidikan, Lingkungan dan wirausaha.

Dipilihnya Palembang sebagai kota pelaksanaan program ini, karena Palembang dinilai memiliki banyak anak muda yang kreatif namun belum mau hasil karya mereka dipromosikan.

“Potensi Palembang sangat besar dalam menghasilkan karya-karya yang menarik tapi sayangnya masih di simpan dan tidak dipublikasikan. Oleh karena itu kita pilih palembang  sebagai kota ketiga untuk kegiatan ini, dengan harapan akan banyak peserta anak muda dari Palembang yang mengikuti kegiatan ini,”jelas Riza disela-sela kegiatan Satu Indonesia Awards di The Excelton Hotel Palembang, Kamis (19/07).

Ditambahkanya, meski sudah 10 tahun dilaksanakan, namun masih minim peserta yang berasal dari Palembang, padahal banyak anak muda disini yang memiliki ide kreatif mereka untuk orang banyak.

“Kita harapkan tahun ini akan banya peserta yang berasal dari sini, karena dari 120 peserta yang terdaftar sampai saat ini dari sini masih sangaminim,”ungkapnya.

Untuk tahun 2018 lalu jelasnya, ada tiga perwakilan dari Sumatera yakni Azza Aprisaufa, Rusmawati dan Hardinisa Syamitri, yang menerima apresiasin Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards tahun 2018, 2011 dan 2013.

Azza menginisiasi program pemberdayaan sarjana melalui aplikasi. Rusmawati membangun kemandirian lewat sanggar belajar, sedangkan Hardinisa Syamitri menjadi sahabat Iansia Luak Bega.

”Program ini merupakan upaya untuk menangkap berbagai kreativitas anak bangsa yang belum banyak digali. Peserta yang terpilih diharapkan bisa menjadi agen perubahan di tengah masyarakat dalam kelima bidang tersebut,” ujar Prof. Fasli disela -sela diskusi program satu Indonesia.

Para juri 10‘h SATU Indonesia Awards 2019 lainnya adalah Prof. Emil Salim (Dosen llmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia), Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi) dan Toriq Hadad (Direktur Utama PT Tempo lnti Media Tbk).

Ia menambahkan sampai saat ini  sudah tercatat ada 5.551 anak muda kretif yang terdaftar dalam program ini. “Untuk tahun ini kita harapkan ada 1000 peserta yang ikut dalan satu Indonesia Award,”katanya.

Bagi yang ingin ikut dalam program ini masih memiliki kesempatan hingga 31 Juli 2019 mendatang, dan bisa mendaftarkan diri di www.satu-indonesia.co. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here