Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Bus Umum Hadang Damri

Bus Umum Hadang Damri

Tanggal : Pukul :
826
0
Kepala Dishub Sumsel, Nelson Firdaus

Palembang, Detik Sumsel- General Manager (GM) Damri Palembang, Suranto menyatakan bus Damri juga beroperasional untuk membawa mahasiswa Unsri Indralaya dari Palembang dengan jumlah 45-50 unit per hari.

“Bus tersebut dibagi dua lokasi, yaitu dari Unsri Bukit ke Indralaya sebanyak 15-17 bus dan dari Jakabaring ke Unsri Indralaya hingga 30 unit,” ungkap Suranto.

Dijelaskannya, Damri sempat hanya beroperasi 15-20 unit karena ada keributan dengan angkutan Sebati (salah satu organisasi angkutan lokal).

“Indikasi mahasiswa tidak semua terangkut, ya karena kemarin kan sempat menjalankan 40-45 angkutan. Kemudian, bus lokal meminta sopir Damri menurunkan penumpang kita di jalan dan akhirnya ribut. Sehingga kami batasi menjadi 15-20 unit. Pukul 14.00 ke atas mulai tidak kondusif,” jelasnya.

Baca Juga :   Hendri Zainuddin Soroti Biaya Kuliah Kedokteran

Dikatakan Suranto, angkutan Sebati cukup menjadi persoalan menghalangi Damri mengangkut mahasiswa.”Kalo Transmusi gak jalan, Damri gak apa-apa mau jalan berapa pun. Kalau jalan semuanya saling menyikut,” ungkapnya. Untuk saat ini, kata Suranto Ongkos Damri sebesar Rp 5 ribu dan Transmusi Rp 8 ribu.

Terpisah, Kepala Dishub Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan pada prinsipnya angkutan umum itu cukuplah murah, aman, dan nyaman. Jika ketiga itu tidak lengkap maka akan sendirinya mati, seperti kenaikan tarif hingga kenyamanan.

Menurutnya, Dishub Sumsel juga terus bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menindak bus ke Indralaya yang sudah tidak layak. Bahkan, sebagian besar izin operasionalnya sudah mati dan tidak memperhatikan standar kenyamanan.

Baca Juga :   Trans Musi Palembang-Indralaya Hanya 20 Unit

Dijelaskan Nelson, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberi bantuan sebanyak 25 bus dengan kapasitas 45 seat.

“Kalau tidak salah sudah dibantu pada pertengahan Agustus kemarin pas pelaksanaan Asian Games, bantuan tersebut atas intruksi Kemenhub melalui Perum Damri dibantu untuk Unsri 25 bus kapasitas besar,” ungkapnya.

Menurut Nelson, awalnya Unsri meminta 50 unit bus, namun baru bisa 25 unit, karena berdasar analisa jumlah tersebut mencukupi untuk mahasiswa Unsri dengan waktu yang sudah ditentukan.”Namun Kementerian juga akan mengakomodir permintaan pihak Unsri. Karena Unsri langsung menyurati Kementerian untuk meminta tambahan bus lagi,” ungkapnya. (Fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here