Gran Fondo
Bupati Muba Dodi Reza Alex, saat membuka kegiatan Festival Kuda Lumping, Sabtu (29/9) di lapangan Gelanggang Remaja Sekayu

Bupati : Camat Segara Data Cagar Budaya di Pedesaan

Sekayu, Detik Sumsel – Keberadaan sejumlah budaya lokal di Musi Banyuasin (Muba), menjadi perhatian serius Bupati Muba Dodi Reza Alex. Mantan anggota DPR RI dua periode ini menginstruksikan kepada seluruh Camat di Bumi Serasan Sekate untuk mendata keberadaan cagar budaya dan potensi kebudayaan yang ada di Desa-Desa.

“Saya minta kepada seluruh Camat mendata satu persatu cagar budaya dan kebudayaan ke wilayah masing-masing. Kita harus angkat kebudayaan lokal di Muba, utamanya situs cagar budaya,” tegas Bupati di sela membuka kegiatan Festival Kuda Lumping, Sabtu (29/9) di lapangan Gelanggang Remaja Sekayu.

Baca Juga :   Disdagperin Muba Fasilitasi Warga Tempat Bazar Gratis 

Tercatat, ada sebanyak 7 situs cagar budaya baru yang ada di Kabupaten Muba yang prasastinya secara resmi ditandatangani oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yakni diantaranya situs makam Puyang Pasmah Desa Dawas, situs makam Puyang Pekik Nyaring Desa Sumber Rejeki, situs makam Puyang Serampuh Lidah Hitam Desa Muara Punjung.

Selain itu, situs makam Puyang Santri Desa Muara Punjung, situs makam Puyang Haji Tajam Desa Bumi Ayu, dan situs makam Puyang Dukun Desa Tanah Abang.

“Cagar budaya ini harus dijaga, akses jalan dan kebersihan harus diperhatikan.Inilah peninggalan yang harus tetap dijaga dan menjadi tugas kita bersama,” tegasnya.

Baca Juga :   Kepala PMD OKI: Pengelolaan DD Berdasar Musyawarah

Dodi meminta, di setiap situs cagar budaya disiapkan sebanyak dua penjaga yang bekerja untuk secara bergantian membersihkan lokasi cagar budaya tersebut. “Minimal dua penjaga di setiap situs, saya minta betul ini diperhatikan,” bebernya.

Sementara itu, pada rangkaian festival Kuda Lumping dalam rangkaian HUT Muba ke-62 tersebut diikuti sebanyak 610 peserta yang berasal dari perwakilan Desa-Desa di Musi Banyuasin. Pelaksanaan akan digelar 29 September – 2 Oktober 2018 di lapangan Gelanggang Remaja Sekayu. (edy)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Edy Parmansyah

Avatar

Check Also

Investasi Melebihi Target, OKI Diganjar Reward

Kayuagung, Detik Sumsel — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *