Pemprov

Bupati Askolani : Diam di Desa Tapi Beli Sayur Ke Kota, Ayo Tanam Sayur Mayur

Pangkalan Balai, Detik Sumsel – Bupati Banyuasin H Askolani SH MH melaunching Pencanangan Gerakan Tanam Sayur dan Penyerahan Bantuan CSR Perta Samtan Gas diselenggarakan di Dusun Sambirejo Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Kamis (26/11/2020).

Sebelumnya, orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung ini juga telah melounching gerakan tanam sayur di Desa Suka Mulya Kecamatan Banyuasin III.

Bupati Askolani mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan milik masyarakat untuk bertanam sayur sayuran dan buah-buahan. Orang nomor satu di Banyuasin mengaku miris banyak masyarakat yang tinggal di Desa justru membeli sayur ke Kota.

“Ayo manfaatkan lahan kita, pekarangan rumah kita untuk bertanam sayur sayuran dan buah-buahan, saya tidak mau lagi ada warga yang tinggal di Desa justru beli sayur ke Kota. Kedepan saya ingin warga desa ke Kota dengan membawa sayur sayuran untuk dijual, “katanya.

Baca Juga :   Tubuh Fikri Ditemukan Tim SAR Gabungan Mengapung Tak Jauh dari Lokasi Kejadian

Gerakan tanam sayur ini jelasnya momen baik dalam Peningkatan Ekonomi Mandiri Di Masa Pandemi bagi masyarakat Banyuasin. Dan juga upaya dari Pemkab Banyuasin untuk menjadikan Banyuasin sebagai penghasil sayur dan buah-buahan disamping sebagai produsen beras yang sudah diakui secara nasional.

” Setidaknya, sayuran yang ditanam, buah-buahan maupun ternak yang pelihara dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka ditengah serba mahal saat ini. Ya syukur-syukur bisa dijual untuk menambah penghasilan keluarga, “harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin, Ir. Hj. Anna Suzanna, M.Si menjelaskan bahwa tujuan dari gerakan ini untuk pengoptimalisasi lahan pekarangan, meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai kebutuhan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, serta mempercepat akselerasi pemanfaatan pekarangan melalui gerakan tanam sayur dan juga meningkatkan skor pola pangan harapan.

Baca Juga :   Naning Wijaya Kembali Jabat Ketua KPUD OKU

Sasaran kegiatan ini adalah kelompok wanita tani, kelompok TP PKK/Dasa Wisma, Kelompok pengajian, Kelompok Karang Taruna/remaja masjid, ibu-ibu rumah tangga, tokoh masyarakat, tokoh adat, karang taruna dan masyarakat umum.(Faz)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Faz Detik Sumsel

Avatar

Check Also

Pensiunan PNS di OKU Cabuli Enam Pria Remaja

Baturaja, Detik Sumsel – Enam orang anak laki-laki diduga menjadi korban prilaku bejat oknum pensiunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *