Iklan
Pemprov

Bupati Askolani Coffee Morning di PT Dinamika Rimba Utam

Pangkalan Balai, Detiksumsel – Bupati Banyuasin H Askolani SH MH menggelar Coffee Morning di areal perkebunan sawit milik PT. Dinamika Rimba Utama, Selasa (6/4/2021). Pertemuan penuh akrab tersebut juga dihadiri 58 Pimpinan Perusahaan Kelapa Sawit.

Dalam pertemuan ini, Kepala Daerah Inovatif ini mengajak perusahaan perkebunan sawit yang berusaha di bumi Sedulang Setudung untuk berperan aktif dan memaksimalkan perannya membangun daerah melalui Dana
Corporate Social Responsibility (CSR).

Bupati H Askolani menegaskan bahwa peran perusahaan dalam membangun Kabupaten Banyuasin sangat di butuhkan. Karena Pemkab Banyuasin sudah membuat skema pembangunan tidak hanya mengandalkan APBD Kabupaten Banyuasin namun juga APBN, APBD Provinsi melalui bantuan Gubernur, dan juga peran perusahaan melalui CSR.

” PAD kita sejak tahun 2019 terus meningkat, karena semua sektor pajak bisa berjalan maksimal. Namun dengan luas wilayah yang sangat besar tidaklah cukup untuk membangun Banyuasin. Maka kita butuh suport dari APBN, Bantuan Gubernur dan CSR Perusahaan, “jelasnya.

“Alhamdulillah, peran CSR Perusahaan sudah ada, tahun 2019-2020 ini tercatat Rp 92 Miliar yang berasal dari 20 perusahaan. Kami yakin akan bertambah, namun yang rutin membuat laporan baru 20 perusahaan ini. Maka kedepan kami minta peran aktif perusahaan untuk melapor, ” harapnya.

Dijelaskan Askolani, dana CSR yang mencapai Rp 92 Miliar tersebut hanya dalam bentuk laporan bukan uang yang diterima Pemkab Banyuasin. Pemkab Banyuasin hanya megarahkan apa yang mesti mereka bangun sesuai usulan masyarakat di ring 1 mereka. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan sendiri oleh perusahaan. ” Jadi kalau ada yang menyebut uang CSR dihabiskan oleh Pemkab Banyuasin, itu keliru dan mungkin yang bersangkutan mendapat informasi dari sumber yang tidak paham, “tegasnya.

Dikatakan Bupati Askolani, Pemkab Banyuasin mempunyai 7 program andalan dan 12 gerakan bersama masyarakat. Perusahan bisa ambil bagian untuk membantu masyarakat dari 7 program dan 12 gerakan tersebut. Dan jika pelaksanaannya dibutuhkan pendampingan bisa dikerjasamakan sesuai dengan Dinas masing-masing, sehingga bisa transparan.

Baca Juga :   Galang Dana Untuk Penderita Tumor Mulut

“Hanya tinggal dibuatkan laporan ke pemerintah daerah. Besar kecilnya nilai kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan itu wajib dilaporkan ke Pemerintah Daerah. Apa yang sudah dilakukan perusahaan, akan dilaporkan ke BPK dan DPRD, ini untuk transparansi pembangunan di Banyuasin,” ucapnya.

Dirinya juga mengajak perusahaan bersama sama secara gotong royong untuk melakukan koordinasi komunikasi dan konsolidasi, sehingga saat pembagian CSR tidak ada lagi perusahaan yang kebingungan, karena sudah ada cara yang lebih mudah untuk memberikan CSR.

“Mari bersama kita gotong royong mewujudkan pembangunan yang ada di Banyuasin, dengan mewujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, Bupati H Askolani juga memberikan apresiasi berupa penghargaan CSR Award kepada 5 perusahaan yang berperan aktif dalam CSR, yakni PT Dinamika Rimba Utama,. PT Hindoli,. PT KAM, PT Sutopo Lestari Jaya dan PT Mitra Aneka Rizki.

Bupati juga menandatangani MoU dengan empat perusahaan dalam pelayanan kesehatan di RS Pratama Sukajadi dan RS Pratama Makartijaya, yakni PT Dinamika Rimba Utama, PT Sutopo Lestari Jaya dan PT Tedmon kerjasama pelayanan kesehata karyawan mereka di RS Pratama Sukajadi dan PT Trans Pacifik kerjasama pelayanan kesehatan karyawan mereka di RS Pratama Makartijaya.

Kemudian dilanjutkan dengan bantuan CSR 1.300 ekor ayam kampung untuk program Gerakan Memelihara Ternak Unggas (Gemar Tugas) dari PT DRU berupa 300 ekor ayam kampung untuk masyarakat Desa Kenten Laut Kec Talang Kelapa, PT Sutopo 300 ekor ayam kampung untuk warga Desa Setia Harapan Gasing dan Tanjung Lagi, PT Cahaya Cemerlang 300 ekor ayam kampung untuk masyarakat Desa Kuala Puntian Kec Tanjung Lagi dan PT Pulau Subur 400 ekor ayam kampung untuk masyarakat Desa Gelebak Dalam, Tanjung Merbau Kecamatan Rambutan.

Dari data Forum CSR Bappeda Litbang Banyuasin, perusahaan yang telah melaksanakan CSR, 5 perusahaan dengan bidang usaha Industri Tambang Minyak Bumi, 1 perusahaan Industri Gas Bumi, 1 perusahaan Industri Tambang Batu Bara, 65 perusahaan Industri Perkebunan Sawit, 14 Perusahaan Industri Perkebunan Karet,. 40 perusahaan industri makanan dan minuman, 5 Bank, 107 perusahaan lain-lain. CSR sampai 2020 Rp 91.852.720.971

Baca Juga :   Johan Anuar Daftarkan Diri Cabup OKU Ke PDIP

Bupati juga menawarkan perusahaan untuk membangun, Pembangunan dua gerbang batas kabupaten Rp 2,7 Miliar, pembangunan 5 tugu batas wilayah Rp 500.000.000, tugu batas Tungkal Ilir-Muba, Batas Kec Betung-Kec Lais Muba, Batas Jakabaring- Tegal Binangun dan batas Sungai Pinang-Kabupaten Ogan Ilir.

Pembangunan gapura kota Pangkalan Balai Rp 500.000.000, dan Penanganan Rumah Tidak layak Huni (RTLH) tahun 2021 30.284 RTLH. Kemudian Gedung Sekolah Dasar yang ada di sekitar perusahaan.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Dinamica Rimba Utama Restu Teles mengucapkan Selamat datang kepada Bupati Askolani dan para pimpinan perusahan dalam acara Coffee Morning Antara Pimpinan Perusahaan Perkebunan Bersama Bupati Banyuasin

” Kami PT DMU senang dan merasa bangga atas ditunjuk dan dipecanya perusahaan kami sebagai tuan rumah coffee morning ini. Kami berharap acara ini terus secara kontinyu dan bergilir di setiap perusahaan untuk meningkatkan silaturrahmi, wawasan dan berbagi pengalaman, “katanya.

Restu juga meminta arahan Orang nomor satu di Banyuasin tersebut untuk memaksimalkan peran perusahaan dalam membangun Banyuasin dan mengangkat perekonomian masyarakat.

” Kami perusahaan perkebunan sangat mendukung 7 program andalan Banyuasin bangkit adil sejahtera dan 12 gerakan yang sudah di launching Bupati Banyuasin, “tegasnya.

Kadis Perkebunan dan Peternakan Banyuasin Idil Fitri SP Msi melaporkan bahwa acara Coffee Morning ini dihadiri
59 pimpinan dan owner perusahaan, minus satu perusahaan yang tidak hadir yakni pak said PT Melania Indonesia yang dalam kondisi sakit. ” Rencana kedepan, kegiatan yang sama juga akan dilakukan secara kontinyu di setiap perusahaan perkebunan untuk meningkatkan sinergi dan silaturahmi antara Pemkab Banyuasin dan perushaan-perusahaan yang ada di Banyuasin, “terangnya. (Faz)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Resmi Dilantik, Ini Pesan Zulhas Kepada DPW PAN Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Di pemerintahan saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) memposisikan diri sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *