Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Lahat Bukannya Selesaikan Masalah, Proyek DPRD Sumsel Justru Timbulkan Masalah

Bukannya Selesaikan Masalah, Proyek DPRD Sumsel Justru Timbulkan Masalah

Tanggal : Pukul :
327
0
Lahat, Detik Sumsel — Proyek pembangunan dan rehab drainase perumahan di sepanjang aliran sungai Ayek Apul, Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kota Lahat. Rupanya membuat ratusan warga sekitar, menjadi galau. Pasalnya, bukannya dibuat jadi melebar, drainase mala menjadi sempit.
Padahal dana yang digelontorkan dari aspirasi anggota DPRD Sumsel, Dapil Lahat, Pagar Alam dan Empat Lawang ini. Menelan dana hingga Rp 1.845.770.000. Sayangnya pembangunan mala tidak sesuai dengan draf yang ada.
Dari kedalaman 175 cm, kini menjadi 100 cm. Begitu juga besi yang dipasang, seharusnya 2 x 12 cm faktanya hanya 1 x 12 cm.
“Pengerukan drainase seharusnya dilakukan 80 cm, ini baru digali 75 cm. Kami setuju pembangunan drainase ini karena rencananya bisa meminimalisir banjir. Tapi kalau begini, yang ada banjir akan semakin parah,” ujar Amir Hamzah, warga setempat, Kamis (30/8).
Sementara, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat, Wancik menjelaskan, sebelumnya sudah ada pertemuan dengan warga, di Kantor Lurah Talang Jawa Selatan. Pihaknya juga sudah meninjau ke lokasi, namun belum bisa memberikan kesimpulan atas pelaksanaan pembangunan milik pemprov Sumsel tersebut.
“Sejauh ini kita tidak bisa menjustifikasi, bangunan tersebut. Kita akan bersurat ke Pemprov Sumsel, atas keberatan warga,” jelasnya.
Sebelumnya sempat terjadi ketegangan antara warga yang memprotes, dengan salah satu tukang dan pengawas proyek. Beruntung ketegangan bisa dikendalikan. Warga bahkan mengancam akan menggelar aksi demo, dan menyetop pembangunan jika terus dikerjakan tidak sesuai perencanaan.
“Tidak semua warga yang protes. Sudah kita kerjakan sesuai perencanaan yang ada. Bahkan, kita memberikan bonus dua bangunan jembatan untuk warga, yang diluar rencana pembangunan,” tegas Irwan, pengawas proyek yang dikerjakan CV. Purnama tersebut. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here