Beranda Daerah Buat Pasar Rakyat Bersaing Bersama Pasar Modern

Buat Pasar Rakyat Bersaing Bersama Pasar Modern

Tanggal : Pukul :
171
0
SOSIALISASI : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muba, melakukan upaya meningkatkan pasar rakyat, untuk bisa lebih bersaing dengan pasar modern.

Sekayu, Detik Sumsel – Usaha pemerintah dalam meningkatkan  citra pasar rakyat ditengah maraknya pasar modern saat ini  melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Muba. Dimana, dalam meningkatkan daya saing pasar rakyat Disperindag Muba meluncurkan buku panduan Pengembangan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan di Ruang Rapat Hotel Ranggonang, Senin (7/7).

Plt Kepala Disperindag Muba, Azizah melalui Kasi Pengembangan dan pengelolaan sarana distribusi, Suprianto SE MSi, mengatakan tujuan diluncurkan buku pedoman ini sebagai pedoman bagi Pemkab Muba, BUMD, dan koperasi dan swasta dalam pembangun dan revitaliasi pasar rakyat. Hal ini terdapat UU No 7 tahun 2014 mengenai pasar tradisional menjadi pasar rakyat.

“Sejauh ini pasar rakyat sebagaimana kita ketahui daya saingnya kalah dengan pasar modern, maka dari itu buku panduan Pengembangan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan diharapkan dapat mengangkat citra postif dan maju pasar rakyat. Karena pasar rakyat menjadi tumpuan ekonomi masyatakat dan juga nilai-nilai tradisi dan adat istiadat,”kata Suprianto.

Selama ini citra pasar rakyat sering dikategorikan kumuh dan jauh dari kata modern seperti pasar modern yakni swalayan. Maka dari itu pentingnya buka panduan ini diharapkan membuat citra pasar rakyat menjadi terangkat.

“Pada buku panduan ini terdapat tentang tara cara pengelolaan pasar rakyat dan spesifikasi dari gedung pasar rakyat yang berdaya saing. Kabupaten Muba terdapat 68 pasar tradisional dan mempunyai peran penting dalam melayani konsumen dan meningkatkan perekonomian suatu desa,”jelasnya.

Sementara, Fredi salah satu Kepala Desa di Kecamatan Lalan menyambut baik adanya buku panduan mengenai Pengembangan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan. Di desanya pengelolaan pasar rakyat menjasi modern sangat dibutuhkan. “Setelah ini apa yang ada di buku panduan secara tidak langsung bisa diterapkan. Apalahi pasar di Kecamatan Lalan yang jauh dari akses pasar modern sehingga perlu ditingkatkan saja,”ungkapnya. (edy)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here