Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Buah Tidak Berisi, Petani Kopi di Lahat Gagal Panen

Buah Tidak Berisi, Petani Kopi di Lahat Gagal Panen

Tanggal : Pukul :
161
0
Petani kopi di Kecamatan Muara Payang, Lahat, saat memperlihatkan buah kopi yang tidak berisi. Foto Istimewa

Lahat, Detik Sumsel — Petani kopi di Kabupaten Lahat, melesu. Pasalnya panen kopi kali ini dipastikan gagal total. Buah kopi banyak yang kosong alias tidak berbiji saat dipetik. Padahal petani kopi di Lahat sudah menggunakan metode stekokulas, dengan keuntungan buah berlipat ganda.

Sawal (45) petani kopi di Kecamatan Muara Payang, Lahat mengatakan, seharusnya panen sudah dimulai sejak bulan Oktober lalu. Namun diduga karena kemarau panjang, biji kopi mengalami masalah pertumbuhan. Alhasil banyak buah kopi yang tidak berbiji dan berbentuk kecil.

“Terpaksa gigit jari. Mungkin karena kurangnya air saat pembuahan, sehingga buah yang dihasilkan tidak semua berisi,” ujar Sawal, Senin (18/11).

Hal serupa juga diutarakan Yani, warga kecamatan setempat. Dirinya selaku pengepul biji kopi, ikut merasakan dampaknya. Biji kopi yang dijual oleh petani, berapa bulan terakhir jumlahnya kian berkurang.

“Kalau harga masih bertahan Rp 18.000 per kilogram. Untuk panen kali ini bisa dibilang lewat alias gagal. Kalau November ini sudah hujan, bulan enam nanti ada harapan petani bisa panen besar,” tutur Yani. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here