Pemprov
Suasana ruang antri pasien BPJS kesehatan di RSUD Lahat, saat sidak anggota DPRD Lahat.Foto Heru/DS

BPJS Kesehatan Tunggak Klaim 4 Bulan Ke RSUD Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Jika di daerah lain banyak warga yang meminta turun kelas, dan menunggak bayar akibat bakal naiknya iuran BPJS Kesehatan. Di Kabupaten Lahat rupanya punya masalah berbeda. BPJS Kesehatan Lahat cabang Lubuk Linggau, mala diklaim RSUD Lahat telah berhutang selama empat bulan.

Kepala TU RSUD Lahat, Herwansyah Alam Skm Mkm membenarkan, klaim pihaknya ke BPJS Kesehatan sudah empat bulan belum direalisasikan. Sesuai SOP, pihaknya telah melakukan kewajiban menyampaikan klaim pembayaran tersebut.

“Kita tidak tahu apa alasannya. Biasanya tidak pernah telat, 15 hari setelah klaim sudah direalisasikan,” ujar Herwansyah, Selasa (12/11).

Baca Juga :   Bayung Lencir Dikepung Asap, Puluhan Hektar Lahan Terbakar

Sementara, Kabag Keuangan RSUD Lahat, Ovariani SE MM membeberkan, untuk besaran klaim ke BPJS setiap bulannya bervariasi. Berkisar mulai dari Rp 1 M hingga Rp 3 M. Pihak RSUD setiap bulan mengajukan klaim kepada BPJS Kesehatan, hanya saja untuk bulan Juli, Agustus, September, dan Oktober belum dibayarkan.

“Terkait alasannya, itu bukan rana kita. Untuk penyakit yang paling banyak diklaim yakni, Diabetes Militus (Gula darah), dan Hipertensi (Darah tinggi). Kita berharap agar persoalan ini segera selesai,” beber Ovariani.

Disisi lain, Kepala BPJS Lahat, Hamrizal mengatakan, terkait klaim pihak RSUD yang belum dibayarkan, berkasnya sudah pihaknya verifikasi dan dinaikan ke Kepala Penagihan dan Keuangan. Tinggal droping dana, ada apa tidak dari kantor pusat.

Baca Juga :   Operasi Pekat 41 Pria yang Diduga Preman dan Parkir Liar Diamankan

“Ke Zaipan aja mas, ini KEU kami,” kata Hamrizal.

Kepala Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Linggau, Zaipan Popiyandi menyampaikan, terkait klaim dari RSUD Lahat, dan jumlah warga Kabupaten Lahat menunggak iuran BPJS Kesehatan. Akan pihaknya sampaikan dahulu ke Bidang Komlik BPJS Kesehatan.

“Rencana saya akan koordinasikan dulu info tersebut,” sampai Zaipan, melalui pesan WhatsApp. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Kembang Desa Asal Muaraenim Melaju ke Top Model Nasional

Muaraenim, Detik Sumsel- Bermodalkan keberanian dan pecaya diri gadis cantik bernama Altika Redo Yani (16) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *