Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Nasional Bobby Minta KBRI Upayakan Pemulangan Tiga WNI yang Ditahan di Laos

Bobby Minta KBRI Upayakan Pemulangan Tiga WNI yang Ditahan di Laos

Tanggal : Pukul :
220
0
Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi

Jakarta, Detik Sumsel- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Vientiane, di Laos diminta segera menyelesai persoalan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang telah selesai ditahan aparat penegak hukum disana.

Kasus ini bermula, dimana tiga warga Kayu Agung, OKI, Sumatera Selatan berinisial AM, FA dan RT ditahan di Laos pada tahun 2011 dengan tuduhan kasus pencurian. Setelah menjalani hukuman sesuai yang ditentukan hingga Mei 2016, ketiga pemuda tersebut belum juga dapat meninggalkan Laos.

“Ketika hukuman penjara sudah selesai pada tahun 2016, mereka belum dapat meninggalkan Laos,” kata Bobby.

Anggota DPR RI yang mewakili daerah pemilihan Sumsel II, Bobby Adhityo Rizaldi, menegaskan bahwa terkait hal tersebut dirinya sudah berkomunikasi dengan Duta Besar RI untuk Laos, Pratito Soeharyo, agar menindak lanjuti proses pemulangan ketiga warga Indonesia itu.

Bobby juga menyampaikan, bahwa KBRI Vientiane langsung menunjuk pengacara dan sudah menulis surat dan bertemu dengan pejabat dari Kementerian Luar Negeri Laos dan Kementerian Keamanan Publik Laos untuk membahas masalah tersebut.

Dirinya mengapresiasi respon Dubes RI yang telah mengirimkan surat langsung kepada Menteri Keamanan Publik Laos untuk meninjau kembali keputusan pangadilan dan berencana menemui Menteri Keamanan Publik Laos untuk meminta pengampunan atau Grasi.

Anggota Komisi I DPR RI ini pun berharap KBRI Vientiane bisa membantu mereka agar dapat segera kembali ke kampung halamannya. “Saya berharap segera ditindaklanjuti, agar mereka bisa kembali berkumpul dengan keluarga,” pungkasnya.(ril/tet)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here