Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Pendidikan BNN Sumsel ‘Geledah’ Urine Siswa SMK Negeri 8

BNN Sumsel ‘Geledah’ Urine Siswa SMK Negeri 8

Tanggal : Pukul :
463
0
Tampak petugas BNNP bersama pihak SMKN 8 Palembang saat melakukan tahapan tes urine kepada siswa baru. (Foto: Tohir/Detik Sumsel).

Palembang, Detik Sumsel- Suasana berbeda dari biasanya tampak di halaman SMK Negeri 8 Palembang, Senin (17/6) pagi. Puluhan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel tampak mengenakan rompi dan masker bertuliskan BNN serta membawa alat kelengkapan untuk pemeriksaan urine.

Ratusan orang tua murid tampak menunggu dari luar ruang kelas sambil berbisik-bisik satu sama lain, rupanya kedatangan BNNP Sumsel tersebut akan melaksanakan pemeriksaan urine kepada peserta didik baru SMK Negeri 8 Palembang.

“Jadi, pemeriksaan urine peserta didik baru dilakukan kepada sebanyak 439 siswa baru dan hari ini secara serentak dilakukan,” ungkap Ketua Pelaksana Tes Urine Siswa Baru SMKN 8, Paramitha Rensa Febrin SPd.

Dikatakan, rangkaian pemeriksaan urine ini dilakukan meminimalisir adanya peserta didik baru yang terindikasi menggunakan narkoba. “Kalau ada yang terbukti positif narkoba langsung digugurkan pihak sekolah dari peserta didik baru,” tegasnya.

Paramitha menyebutkan, pelaksanaan tes urine di lingkungan SMKN 8 tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan pihak sekolah dengan menggandeng pihak BNNP Sumsel untuk diterapkan kepada setiap peserta didik baru setiap tahun.

“Ini tahun ketiga kita laksanakan tes urine bagi peserta didik baru, kalau tahun kemarin ada satu yang positif narkoba dan langsung digugurkan menjadi peserta didik baru di SMKN 8,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu petugas pemeriksa urine BNNP Sumsel, Yeni Yulita menyebutkan proses pemeriksaan urine di SMKN 8 ini dilakukan secara ketat. “Siswa dikawal dari ruang kelas hingga ke toilet, jadi sangat diawasi betul,” cetusnya.

Lanjutnya, apabila ada yang positif menggunakan narkoba pihak BNNP Sumsel akan menyerahkan kepada pihak sekolah. “Keputusan nantinya ada di pihak sekolah, apabila ada permintaan rehabilitasi tentu akan langsung dilakukan,” terangnya.

Yeni menambahkan, untuk sekolah jenjang SMA/SMK di Palembang hanya SMK Negeri 8 yang menerapkan sistem pelaksanaan tes urine kepada peserta didik baru dengan bekerjasama dengan BNNP Sumsel. “Ini sudah tahun ketiga, Insya Allah ini akan menjadi upaya yang efektif dalam meminimalisir penggunaan narkoba di lingkungan sekolah,” pungkasnya.(tet)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here