Pemprov
Penandatanganan kerjasama Tripartid antara BNI, Koperasi dan BPDPKS. (Istimewa)

BNI Salurkan Bantuan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

Palembang, Detik Sumsel – Sumatera Selatan sebagai salah satu wilayah yang memiliki perkebunan kelapa sawit dengan kualitas unggulan, tentu saja memerlukan peremajaan untuk tetap menjaga kualitas sawit diSumsel.

Untuk menjaga kualitas sawit Sumsel, peremajaan mutlak dilakukan, BNI sebagai Bank milik pemerintah siap memberikan kucuran dana melalui program peremajaan sawit rakyat (PSR).

BNI merupakan salah satu bank yang sangat mendukung Program peremajaan sawit rakyat bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkomitmen untuk memperkuat sektor kelapa sawit nasional melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Sebagai wujud dukungan BNI tersebut dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama 3 Pihak Tahun 2020 terkait Penyaluran Dana Peremajaan untuk wilayah Sumatera Selatan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), berupa pembiayaan perkebunan kelapa sawit plasma antara BNI & KUD Sejahtera, KUD Panca Karya Jaya, dan KUD Patwa Usaha Mandiri. Penandatanganan MoU dilakukan beberapa waktu lalu bertempat di Aula Lantai 4 BNI Kantor Wilayah Palembang.

Baca Juga :   Nikmati Promo Special New Normal di Auto2000 Veteran, Potongan Hingga 20 Persen

Pemimpin BNI Wilayah Palembang Sunarna Eka Nugraha mengatakan, sektor pertanian dan perkebunan merupakan salah satu sektor yang masih growth atau bertumbuh ditengah wabah nasional pandemi covid 19.

Kontribusinya cukup positif dalam mendorong surplus neraca perdangangan pada September 2020. Ekspor minyak sawit menopang neraca perdagangan pada September 2020 surplus senilai USD 13,82 Miliar.

Ini merupakan bantuan kepada KUD Sejahtera merupakan pemberian tahap ke 2 yang diberikan BPDPKS kepada 424 orang petani di daerah Musi Banyuasin sedangkan KUD Panca karya jaya diberikan kepada 34 orang petani, luas lahan 52.4 ha.KUD Patwa Usaha Mandiri diberikan kepada 171 petani di daerah Kayuagung. Total bantuan kepada 3 KUD tersebut sebesar Rp 49,6 M.

Baca Juga :   Buka Cabang Buntut Sunda Kang Ali Ketiga di Tengah Pandemi, Endang W Wierono Berbagi Resep

“Khusus kelapa sawit kami sudah menyalurkan pembiayaan kredit disektor perkebunan sawit sampai dengan saat ini BNI Wilayah Palembang telah membiayai 1.205 debitur atau sebesar 908 M,” jelasnya melalui rilis, Rabu (02/12).

Eka menambahkan, perjanjian kerjasama ini dilakukan secara tripartit antara BNI, Koperasi dan BPDPKS, adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan bisa membantu dan membuat gairah perkebunan khususnya kelapa sawit bisa kembali beroperasi secara lebih optimal dan menghasilkan produksi yang berkualitas.

“Kami juga berharap PSR yang dijalankan, mampu memberikan manfaat kepada petani yang terlibat dan sudah menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) atau penerapan Praktik perkebunan yang telah sesuai standard,” tutupnya.(May/ril)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Maya

Avatar

Check Also

Driver Optimistis, Merger Gojek-Tokopedia Bikin Order Makin Gacor

Palembang, Detik Sumsel – Kabar mergernya dua start-up top Indonesia, Gojek dan Tokopedia, sudah menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *