Pemprov

Bio Solar Bersubsidi Menghilang

Indralaya, Detik Sumsel – Sejak hampir dua pekan terakhir bahan bakar minyak jenis solar menghilang di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), khususnya SPBU yang berada dikawasan wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI). Akibatnya antrian panjang kendaraan kerap terlihat disetiap SPBU.

Dari pemantauan di lokasi, baru-baru ini hanya beberapa SPBU yang menjual solar, itu pun dalam jumlah terbatas. Kelangkaan BBM jenis solar subsidi ini, sangat dikeluhkan para sopir-sopir angkutan seperti truk, fuso serta angkutan umum.

Alasannya, BBM jenis solar yang sulit diperoleh di SPBU membuat mereka lebih memilih untuk menunggu di SPBU sampai pendistribusian solar tiba ketimbang harus melanjutkan perjalanan. Karena stok BBM solar di tangki kendaraan yang menipis bisa mengakibatkan kendaraan mogok dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Baca Juga :   Siswa di OKU Mulai Belajar Tatap Muka September

“Oleh sebab itu, ketimbang harus mogok di jalan lantaran kehabisan bahan bakar solar mendingan kami menunggu di SPBU,” keluh Usman, (45) sopir truk, Jumat (19/10) saat dibincangi di SPBU Pulau Semambu Jalintim Km 28 Palembang-Indralaya.

Ia mengakui, kelangkaan BBM jenis bio solar ini khususnya di wilayah Kabupaten OI sudah terjadi sejak hampir dua pekan terakhir. “Kalau pun ada stoknya terbatas. Maka dari itu, disaat stok BBM bio solar di SPBU tersedia, saya lebih memilih mengisi full. Karena solar sulit diperoleh,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Dedi petugas pengelola SPBU setempat menjelaskan, kelangkaan solar diduga disebabkan stok yang terbatas. “Biasanya sebelum terjadi kelangkaan perharinya itu 12 ton solar. Tapi, sejak hampir dua pekan terakhir BBM solar cepat habis,” jelasnya.

Baca Juga :   KKP SMB II Terapkan HAC untuk Antisipasi Virus Corona

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik SPBU, Jumat pagi (19/10) pukul 08.00, khususnya SPBU yang berada di kawasan Jalintim Indralaya-Palembang, serta Jalintim Indralaya-Kayuagung, terpampang merk solar dalam keadaan kosong dalam perjalanan.

Satu-satunya SPBU yang menyediakan solar yakni SPBU di Jalinsum Indralaya-Prabumulih tepatnya di pintu keluar kampus Unsri Indralaya. Namun, untuk memperoleh solar harus rela mengantri berjam-jam karena, sejak malam hingga sore hari para sopir sudah menginap di SPBU demi memperoleh pasokkan solar kendaraan yang disopirinya.(AL)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Faz Detik Sumsel

Avatar

Check Also

Pelaku Pengancaman Kasir Toko Pakaian Diringkus, Ternyata Resedivis Sudah Lima Kali Masuk Penjara

Palembang, Detik Sumsel — Gerak cepat dilakukan anggota Reskrim Polsek Ilir Barat II sehingga berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *