Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri menandatangani MoU peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pendonor Darah (Simpendah)

Biddokkes Polda Sumsel Luncurkan Aplikasi SiPendah

Palembang, Detik Sumsel — Guna menciptakan kemudahan, kecepatan layanan donor darah Bidang kedokteran dan kesehatan (Biddokkes) Polda Sumsel meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pendonor Darah (Sipendah) data golongan darah anggota Polri dan ASN Polri yang terintegrasi dalam pemenuhan kebutuhan darah di Provinsi Sumatera Selatan.

Peluncuran ini sekaligus MoU dengan pemerintah daerah dan PMI yang diruang Rekonfu Polda Sumsel Kamis (10/10). Yang dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua PMI Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru dan ketua PMI Palembang Fitrianti Agustinda.

Herman Deru mengatakan aplikasi Sipendah ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kemudahan donor darah.

“Artinya apa, bahwa berbagai sikuat atau yang sehat degan silemah yang sakit itu harus kita dukung, dengan aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan terobosan kreatif” ungkapnya.

Baca Juga :   Puluhan Tahun Hidup dalam Kegelapan, Warga Desa Seleman Rindukan Listrik

Masyarakat sudah langsung bisa bisa mengakses aplikasi ini, bisa langsung cek, karena bisa meminta bantuan donor darah beserta golongan darahnya, sesuai identitas dan data.

“Orang yang kaya sangat berguna bagi si miskin, orang kuat berguna bagi orang lemah. Sehingga dapat saling berbagi. Polisi betul betul on call, sipendah ini, juga segera mengikuti ASN bergabung disini,”katanya.

Untuk keamanan penggunaan, aplikasi ini juga untuk memutuskan calo dan oknum nakal yang memperjual belikan darah.

“Aplikasi ini bisa memutuskan dan menghilangkan calo jual beli darah sehingga masyarakat yang membutuhkan darah jadi lebih mudah,”tambahnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri menilai selama ini kesulitan untuk pendataan darah, makanya dibuatlah bank data darah ini.

Baca Juga :   Satu Jam, Juli Satroni Dua Rumah

“Maka kita bangun bank donor darah untuk wilayah Sumsel. Alhamdulilah ini sangat diapresiasi. Total ada anggota Polri di Polda Sumsel sudah masuk 14.751. Mereka semua sudah terdata dari jenis donor darah, identitas, dan nomor telponnya. Sehingga tinggal dihubungi mereka siap mendonorkan darahnya” jelasnya.

Jenderal bintang dua ini, tentunya donor darah ini untuk menjawab tingginya kebutuhan darah yang selalu kekurangan.

“Tidak hanya anggota Polri saja, termasuk para ASN juga akan dilibatkan. Namun ASN inikan kewenangannya gubernur. Misalnya bagi yang mencari golongan darah AB, wilayah mana. 4 Lawang contoh, kita buka aplikasinya ada 14 anggota yang bergolongan darah AB, nomor telpon dan tempat tugasnya ada, tinggal dihubungi mereka langsung jawab siap” terangnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Jembatan Air Aman Lubuk Batang Amblas

Baturaja, Detik Sumsel — Jembatan air aman Kampung 4 Desa Lubuk batang lama (LBL) kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *