Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Teknologi Beri Keamanan Mitra, Go Jek Kolaborasi Dengan Hollaback

Beri Keamanan Mitra, Go Jek Kolaborasi Dengan Hollaback

Tanggal : Pukul :
556
0
Acara peluncuran fitur keamanan sekaligus menggagas gerakan anti kekerasan di Palembang, Rabu (27/03).

Palembang, Detik Sumsel – Pada momentum Hari Perempuan Sedunia, Go Jek bekerja sama dengan Hollaback, sebuah gerakan global yang bertujuan mengatasi kekerasan seksual di ruang publik, untuk menggagas gerakan Anti Kekerasan Seksual di industri ride-hailing. Topik kekerasan seksual menjadi salah satu perhatian masyarakat pengguna layanan transportasi online, namun edukasi mengenai topik tersebut seringkali dianggap tabu.

Melihat kondisi tersebut, Go Jek bersama para mitra drivernya berkomitmen untuk menjadi pelopor di industri ride hailing dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai kekerasan seksual di ruang publik.

Berkolaborasi dengan Hollaback, Go Jek menyelenggarakan program pelatihan mitra driver untuk meningkatkan kesadaran akan kekerasan seksual. Materi pelatihan disusun secara komprehensif mencakup pengetahuan tentang jenis pelecehan seksual yang harus dihindari serta langkah intervensi seperti apa yang dapat diambil apabila menghadapi kasus tersebut.

Siklus pelatihan perdana yang diikuti oleh mitra driver dan pelaksana Kopdar Mitra Driver Go Jek dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Palembang dan Bali selama bulan Maret ini.

Senior Manager Corporate Affairs Go Jek, Alvita Chen mengatakan, keamanan serta kenyamanan pengguna adalah prioritas pihaknya. Maka dari itu dirinya ingin seluruh masyarakat dapat terus mengandalkan layanan Go Jek kapan pun dan di mana pun mereka butuh, tanpa ada rasa khawatir. Untuk itu, sebagai super-app, terus melakukan inovasi.

“Tidak hanya dari pengembangan teknologi, namun juga upaya mitigasi risiko melalui program edukasi kepada para mitra driver kami. Hal ini kami lakukan untuk memastikan tersedianya layanan yang semakin diandalkan oleh seluruh masyarakat,” ujarnya dalam kegiatan diskusi terkait peluncuran fitur dan kampanye keamanan di RM Tiga Nyonya, Rabu (27/3).

Di tempat yang sama, Regional Corporate Affairs Manager Go Jek wilayah Sumatera, Dian L Toruan menjelaskan, dengan pengembangan fitur keamanan. Aplikasi Go Jek saat ini telah dilengkapi fitur Bagikan Perjalanan (Share Trip).

Melalui fitur Bagikan Perjalanan, pengguna layanan Go Car dan Go Ride dapat membagikan informasi berupa lokasi penjemputan, lokasi pengantaran, nama driver, nomor plat, tipe kendaraan, status perjalanan, dan jalur yang ditempuh, kepada kerabat terdekat.

“Pengguna cukup menekan tombol Bagikan Perjalanan untuk membagikan tautan berisikan informasi tersebut secara real time melalui aplikasi pesan instan pilihan. Fitur Bagikan Perjalanan dapat digunakan di aplikasi Go Jek versi terbaru.

Pengguna yang telah memperbarui aplikasi Go Jek, akan mendapatkan akses terhadap fitur ini secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Co-Director Hollaback!, Anindya Restuviani mengatakan, sebagai perusahaan penyedia layanan transportasi dan layanan on-demand lainnya yang mempunyai jutaan mitra, hal ini tentu membawa angin segar bagi gerakan melawan kekerasan seksual.

Pihaknya berharap kedepannya, para mitra Go Jek tak sekedar memahami bentuk-bentuk kekerasan seksual dan menghindarinya, namun juga berperan aktif untuk mengambil tindakan dalam melawan kekerasan seksual di ruang publik.

“Perempuan dan anak-anak, merupakan kelompok masyarakat yang rentan menjadi korban kekerasan seksual. Baik kekerasan yang sifatnya fisik maupun non-fisik. Di sisi lain, kelompok masyarakat ini juga merupakan salah satu pengguna terbesar layanan transportasi Go Jek. Untuk itu melalui berbagai upaya, termasuk melalui pelatihan ini, kami ingin memastikan mereka dapat menggunakan layanan kami dengan nyaman,” pungkasnya.(Bra)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here