Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Belum Turun Hujan, Asap Mulai Ancam Kesehatan Warga

Belum Turun Hujan, Asap Mulai Ancam Kesehatan Warga

Tanggal : Pukul :
342
0
Kabut asap yang menyelimuti Bumi Serasan Sekate pada malam, hingga pagi harinya.

Sekayu, Detik Sumsel – Diduga masih adanya masyarakat membakar lahan secara diam-diam, ditambah dengan kondisi kemarau, menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Provinsi Sumsel. Sepertinya mulai menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat, termasuk di Kabupaten Musi Banyuasin, yaitu mulai timbulnya kabut asap yang menyelimuti Bumi Serasan Sekate pada malam, hingga pagi harinya.

Meskipun kondisi belum begitu mengganggu pernafasan atau asap tebal seperti tahun 2015 lalu, namun kondisi kabut asap yang timbul saat ini dinilai mulai menganggu, terutama di pagi hari, dimana masyarakat mulai melakukan aktifitas.

“Sudah beberapa minggu terakhir asap muncul. Bau pekat asap itu mulai terasa pada malam hari,” ujar Lukman (47) warga Desa Teluk Kecamatan Lais, Jumat (5/10).

Bahkan sambung dia, kemunculan kabut asap sering disertai dengan abu bekas bakaran yang terbang terbawa angin. “Ini sangat menganggu, apalagi saat pagi hari. Kita tidak tahu dimana terjadi kebakaran hutan atau lahan,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan Rohma, warga Kecamatan Sekayu mengatakan, akibat kabut asap udara di pagi hari sangat tidak baik dan cukup menyesakkan. “Kalau begini terus, kita khawatir dengan kesehatan anak-anak, selain membuat pedih mata, kabut adap juga menyebabkan ispa,” jelas dia.

Sebelumnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan pihaknya all out dalam menangani terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Muba. Dimana tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Manggal Agni, BPBD Muba, perusahaan hingga masyarakat telah bersiaga di lokasi-lokasi rawan terjadinya Karhutla.

“Kita pastikan siap menerima laporan 24 jam dalam mengatasi Karhutla ini, kita harus all out,” tandas Dodi.

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here