Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Devisi Teknis, KPU Kab OKU, Yudi Risandi 

Belum Tahu Alasannya Satu Caleg di OKU Mengundurkan Diri

Baturaja, Detik Sumsel — Salah satu calon legislatif (Caleg) di Kabupaten di Kabupaten Ogan Komering Ulu dikabarkan mundur dari pencalonan. Caleg tersebut diketahui berasal dari Partai Garuda Dapil 1 nomor urut 3 atas nama Arlia Agustina.

Ketua DPD Partai Garuda Kabupaten OKU Mailan Tomi saat dihubungi awak media, Kamis (24/1). membenarkan jika nama tersebut telah mengundurkan diri dari caleg Partai Garuda. “Yang bersangkutan memang sudah mengundurkan diri,” Katanya.

Disebutkan Mailan, Surat pengunduran diri caleg tersebut juga sudah diterima KPU. “Kita juga sudah melakukan pleno dengan pengurus partai dan SK pengunduran dirinya juga akan kita serahkan dengan KPU dalam waktu dekat ini,” kata Mailan

Saat ditanya apakah ada pengaruh terhadap partai mundurnya caleg ini Mailan menegaskan tidak ada pengaruh sama sekali jika ada yang mengundurkan diri. “Tidak ada pengaruh sama sekali,” pungkasnya.

Sementara itu, terpisah Devisi Teknis, KPU Kab OKU, Yudi Risandi membenarkan surat mundurnya Caleg tersebut sudah diterima pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU. “Memang ada Caleg dari salah satu partai politik peserta pemilu 2019 yang mundur,” Ungkap Yudi.

Baca Juga :   Izin Kuliah di Jalan, Ribuan Mahasiswa Sumsel Kepung Kantor DPRD

Dikatakan Yudi, surat pengunduran diri sudah masuk ke KPU OKU. Pengunduran diri yang bersangkutan sebagai caleg masih dalam proses. “Datanya belum lengkap. Masih dalam proses, kita masih menunggu SK pengunduran diri yang bersangkutan dari partainya langsung. Jika sudah lengkap nanti akan kita sampaikan,” kata Yudi.

Kata Yudi caleg yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) bisa mengundurkan diri.
Hal ini sesuai dengan Surat Komisi Pemilihan Umum (KPU), No 31/PL.01.4-SD/06/KPU/I/2019. Prihal Calon Tidak memenuhi syarat pasca Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Tertanggal Jakarta 09 Januari 2019.

Dalam surat tersebut, dijelaskan, berkenaan dengan status beberapa calon yang mengalami perubahan atau diketahui tidak lagi memenuhi syarat sebagai calon pasca penetapan DCT Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota disampaikan beberapa hal.

Baca Juga :   Besok, Kampanye Akbar Prabowo, ini Titik Penjemputannya

Pertama berdasarkan ketentuan pasal 285 UU No 7 Tahun 2017, Pasal 35 ayat 1 dan 2 Peraturan KPU No 20 Tahun 2018 sebagai mana telah diubah terakhir dalam Peraturan KPU No 31 Tahum 2017 dan angka 1 huruf b surat KPU Nomor 1275/PL.01.04-SD/06/KPU/x/2018 tanggaln15 oktober 2018 prihal tahapan Pasca Penetapan DCT Calon Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kb/Kota di coret dari penetapan DCT dalam hal.

Pertama meninggal dunia, terbukti melakukan pelanggaran kampanye di masa kampanye, terbukti melakukan pemalsuan dokumen syarat calon atau menggunakan dokumen palsu pada pencalonan.

“Nantinya jika didalam surat suara caleg yang mengundurkan diri masih ada dan mendapat suara. Suara tersebut akan kembali ke partai bukan ke individu yang mengundurkan diri. Hal tersebut sudah termaktub dalam asal 285 ayat 5 huruf b undang-undang nomor 7,”pungkasnya. (fei).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Feriandi

Avatar

Check Also

Hadiri Puncak Hari Santri Nasional, HD Minta Santri Manfaatkan Teknologi

Palembang, Detik Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru meminta para santri di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *