Pemprov
Kanit Pidsus Satreskrim Polres Lahat, Ipda Chandra Kirana SH MH. Foto Heru/DS

Belum Ada Pertambangan Ilegal di Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Unit Pidsus Satreskrim Polres Lahat menegaskan, kendati saat ini belum ada temuan terkait keberadaan tambang ilegal, jika nanti ditemukan akan dilakukan penyelidikam dan tindakan tegas.

“Belum kita temukan adanya tambang ilegal, baik Batubara, Galian C. Kalau masyarakat menemukan, silakan laporkan, akan kita tindak tegas,” tegas, Kanit Pidsus Satreskrim Polres Lahat, Ipda Chandra Kirana SH MH, melalui Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, didampingi Kasat Reskrim, AKP Kurniawi H Barmawi SIK, Rabu (18/11).

Baca Juga :   Musim kemarau, Harga Sayur Alami Kenaikan

Chandra menjelaskan, sesuai maklumat Kapolda Sumsel yang diteruskan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, bagi perseorangan, kelompok, atau badan hukum, yang melakukan aktifitas hingga kerusakan lingkungan, terancam UU RI No 3 Tahun 2020, pidana paling lama 5 tahun.

“Tujuannya agar, kedepan mencegah terjadi kecelakaan kerja akibat kegiatan pertambangan. Sekaligus melindungi seluruh masyarakat dan sumber daya alamnya,” jelasnya, sedangkan Pada UU No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pidana minimal 10 tahun.

Bukan sekedar merusak lingkungan, Chandra juga membeberkan, orang yang menampung hasil tambang ilegal juga bisa dipidana. Hal itu sudah jelas tercantum di pasal 161 UU No 3 tahun 2020, tentang minerba, terancam pidana paling lama 5 tahun denda 100 miliar.

Baca Juga :   24 Tim Lolos Fase Grup Liga Europa

“Maklumat ini juga akan diteruskan hingga ke pelosok desa. Karna tanpa pengelolaan baik, pertambangan ilegal ini juga akan berdampak ke pencemaran tanah, air, udara, mengancam nyawa, dan merugikan negara dari sektor perpajakan,” sampainya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Kejari Banyuasin Menggeledah kantor dinas perdagangan Kota Palembang terkait tera

Uji Tera Bermasalah, 3 ASN Pemkot Palembang Tersangka

Palembang Detik Sumsel.com,– Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel membenarkan tim penyidik dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuasin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *