Iklan

Detik
Pemprov
Foto: Net

Begadang Bisa Turunkan Hormon Testosteron

Detik Sumsel- Begadang kerap menjadi solusi untuk menyelesaikan pekerjaan, namun jika kebiasaan itu dibiarkan begitu saja, kadar hormon testosteron seorang pria akan menurun. Penelitian menemukan bahwa pria yang waktu tidurnya di bawah rata-rata sebanyak 6,9 jam akan kehilangan 1,5 persen hormon testosteron.

Para peneliti yang dipimpin oleh University of Miami mengamati rata-rata tidur dari hampir 2.300 pria, yang memiliki waktu tidur antara dua sampai 12 jam setiap malam. Kendati terjadi penurunan kadar testosteron yang tercatat, itu dalam kisaran normal.

Baca Juga :   Proyek Rp 8 Miliar ini Tak Pakai Papan Proyek

Sebagaimana diketahui, hormon testosteron merupakan hormon yang penting untuk pria. Hormon ini memiliki beberapa peran dalam tubuh pria, seperti sistem reproduksi, pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot.

Penelitian juga menemukan bahwa massa tubuh tinggi dan mengonsumsi alkohol menyebabkan kadar testosteron menurun drastis. Tidur dapat mengurangi testosteron dengan menganggu sinyal otak yang mengontrol hormon seks.

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan di Denver, mengungkapkan bahwa “kualitas tidur” harus diperhitungkan ketika mempelajari penurunan kadar, yang dapat menyebabkan hilangnya dorongan seksual, depresi, dan kelelahan.

Baca Juga :   Update Covid-19 Muba: Bertambah, Pasien Sembuh Jadi 18 Orang

Presiden International Chromosome and Genome Society Profesor Darren Griffin mengatakan bahwa hal itu tidak mengejutkan.

“Kurang tidur memiliki sejumlah efek buruk terhadap kesehatan dan kita semua tahu bahwa betapa buruknya fungsi tubuh ketika kita tidak dapat tidur nyenyak,” papar Prof. Griffin.(net)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Perketat Penjualan Daging Sapi Jelang Lebaran

Lahat, Detik Sumsel – Momentum hari lebaran, permintaan daging sapi selalu meningkat. Bahkan, jumlah permintaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *