Detik

Bawaslu Surati Parpol Tertibkan APK

Indralaya, Detik Sumsel – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir menemukan banyak calon legislatif (caleg) yang melanggar peraturan terkait alat peraga kampanye (APK). Bawaslu OI telah melakukan pendataan dan menyurati Partai politik untuk melakukan penertiban sendiri.

“Kita sudah layangkan surat pemberitahuan, ke pihak parpol, terkait maraknya atribut alat peraga kampanye Apk yang tersebar yang merupakan buatan caleg (calon legislatif) bukan buatan parpol, jadi apa bila tidak ada tindakan dari parpol, maka kita bersama Pol PP akan melakukan penertipan,”kata Ketua Bawaslu OI Iskandar saat diwancarai diruang kerjanya, Kamis (18/10).

Baca Juga :   Tiga Kader Terbaik Pimpin Forhati Palembang

Ketua Bawaslu OI menegaskan kepada para caleg untuk menaati peraturan PKPU dan Surat Edaran KPU RI terkait APK.

“Dalam Undang-undang, caleg bukan peserta pemilu, caleg adalah bagian dari partai. Oleh karena itu caleg tidak boleh bikin spanduk atau pun baliho sendiri,”terangnya.

Dirinya menghimbau kepada Parpol untuk memberikan contoh desain Apk, dalam peraturan PKPU, harus disampaikan parpol ke KPU.

“Jadi APK itu bukan produk caleg sendiri tapi memalui parpol, oleh karena itu kita juga berharap kepada parpol agar memberikan pemahaman kepada caleg nya,”jelasnya. (AL)

Baca Juga :   Jabat Kakorpolairud, Irjen Pol Zulkarnain Tinggalkan Tiga PR
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Faz Detik Sumsel

Avatar

Check Also

Diupah Uang Rp 30Ribu dan Rokok Satu Bungkus, Pembagi Kartu Tranformasi Pertanian Dipanggil Bawaslu OI

Indralaya, Detik Sumsel- Sambil membawa surat pemanggilan dan wajah penuh kekhawatiran,  Irham(32) datang ke kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *