Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Nasional Bawaslu Sumsel Sudah Terima 60 Laporan Kecurangan

Bawaslu Sumsel Sudah Terima 60 Laporan Kecurangan

Tanggal : Pukul :
226
0
Anggota Bawaslu Sumsel, Junaidi saat memberikan materi pada rangkaian workshop Pileg dan Pilpres 2019 di Hotel Arista, Rabu (15/5).

Palembang, Detik Sumsel- Bawaslu Sumsel mencatat ada sebanyak 60 laporan yang diterima terkait adanya dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu serentak beberapa waktu lalu.

“Kami pastikan bakal banyak petugas khususnya PPK yang bakal masuk bui karena sudah terindikasi melakukan kecurangan,” ungkap Anggota Bawaslu Sumsel, Junaidi di sela kegiatan workshop peliputan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 bersama Dewan Pers di Hotel Arista, Rabu (15/5).

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, Ratifikasi Dewan Pers, Ratna Komala meminta jurnalis di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk ikut mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pascapencoblosan pada 17 April lalu.

Baca Juga :   Cegah Praktik Politik Uang, Bawaslu Patroli Keliling Sumsel

Ratna mengingatkan, pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Untuk itulah, media harus mengawal akuntabilitas KPU, Bawaslu, dan penegakkan hukun kasus kecurangan serrt investigasi kematian anggota KPPS.

“Dalam mengungkap fakta, seorang jurnalis tetap mematuhi kaedah Kode Etik Jurnalistik sehingga pemberitaan harus bijaksana dan bisa mendinginkan suasana,” ujar Ratna.

Lanjutnya, proses pengawalan demokrasi pascapencoblosan Pemilu tetap harus dilakukan hingga pengumuman dan potensi sengketa Pemilu melalui jalur hukum. Hal ini mengingat, Mahkamah Konstitusi mulai menerima pendaftaran sengketa Pemilu pada 8-25 Mei dan baru akan melakukan sidang pendahuluan pada 9-12 Juli.

Baca Juga :   Warga Sebut Pemilu 2019 Merepotkan

“Kita (jurnalis, red) salah juga kalau hanya diam melihat ada 500an lebih KPPS yang meninggal dunia. Untuk itulah, jurnalis harus mengawal proses demokrasi ini,” pungkasnya.(tet)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here