Iklan
Pemprov
Personel Basarnas menyiapkan peralatan untuk melakukan operasi pencarian remaja yang hilang di sungai Ogan

Basarnas Terjunkan Personel Cari Remaja Tenggelam di Sungai Ogan

Baturaja, Detik Sumsel –- Seorang remaja bernama Yayandra (21) dilaporkan tenggelam disungai Desa Sekucing Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 18.55 WIB. Menerima laporan tersebut Basarnas menerjunkan personel yang berada di Unit siaga SAR OKU Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang Hery Marantika SH MSi mengatakan unit siaga SAR OKU Timur menerima informasi hilangnya korban di sungai Ogan pada Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 18.55 wib dari Personil BPBD OKU.

“Berdasarkan informasi yang kami terima sebelum dilaporkan tenggelam korban pada Minggu (23/05) sore atau sekitar pukul 15.00 Wib berpamitan kepada keluarganya untuk mandi disungai. Namun hingga petang korban tak kunjung pulang kerumah,”kata Hery.

Baca Juga :   Bupati OKI Minta Perusahaan Perbanyak Sumur Bor

Dikatakan Hery keluarga yang khawatir kemudian menyusul korban ke sungai namun disungai korban tidak diketemukan dan hanya ditemukan perlengkapan mandi korban, sehingga pihak keluarga menduga bahwa korban tenggelam disungai.

“Dari sinilah Basarnas menerjunkan satu Team Rescuer yang berada di unit Siaga SAR OKU Timur berjumlah 6 orang berangkat menuju lokasi kejadian dengan menggunakan truck personil,”tambahnya

Selain menerjunkan personil, peralatan seperti Rubber Boat, alat selam, peralatan medis, komunikasi dan evakuasi juga ikut diterjunkan, hal ini dilakukan guna menunjang Berhasilnya pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan (Operasi SAR).

“Untuk pencarian pada Hari ini, akan lebih memfokuskan pada pemantauan disekitar lokasi kejadian dikarenakan malam hari sehingga tidak efektif jika dilakukan pencarian. Besok pagi baru akan kita lakukan pencarian serta akan Mengkoordinir seluruh unsur SAR gabungan yang berada dilokasi Seperti TNI/Polri, Pemda Setempat, Pihak Desa, bahkan Pihak Medis terdekat serta Unsur SAR lainnya.

Baca Juga :   2018, Sukses Asian Games dan Langganan Banjir

Metode Pencariannya sendiri selain dengan membagi Team SAR Gabungan Menjadi beberapa SRU (SAR Unit) dengan tugas dan fungsinya masing-masing, Pencarian juga dilakukan dengan penyisiran permukaan sungai menggunakan perahu karet, selain itu akan kita lakukan circle (ombak buatan) dengan menggunakan perahu karet ditempat tempat yang dicurigai adanya korban serta jika dimungkinkan Penyelaman juga akan dilakukan.(fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tips Sukses Jadi Pemimpin Ala Kapolda Sumsel Untuk Generasi Milenial

Palembang, Detik Sumsel – Kapolda Sulsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, S., M.M …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *