Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Basarnas Latih Potensi SAR Penyelamatan Kapal di Sungai Musi

Palembang, Detik Sumsel — Kantor Basarnas Palembang menggelar latihan SAR daerah atau Latsarda. Dalam pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari ini menitik beratkan penyelamatan, terhadap kapal-kapal pengungsian dari luar negeri, baik legal atau illegal. Yang masuk melalui akses ambang luar Sungai Musi.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Pusat Didi Hamzar S.Sos didampingi Heri Marantika MSi Kepala Basarnas Palembang mengatakan dengan pelaksanaan Latsarda ini diharapkan dapat meningkatkan operasi Sar, yang professional, sinerji dan militan.

“Bencana atau pun kecelakaan kapal di perairan tidak bisa dipastikan kapan dan dimana akan terjadi dan menimpa siapa saja. Apalagi, Palembang memiliki sungai yang cukup luas dan panjang yaitu sungai Musi. Oleh sebab itu, Basarnas dituntut untuk selalu sigap,” ungkapnya.

Baca Juga :   Para Komunitas Aksi Spontan Segera Kirimkan Donasi Ke Lombok

Dalam kegiatan Latsard ini, melibatkan seluruh stakeholder, semua yang terlibat saling sinergi. “Semua personil harus betul-betul memperhatikan tata aspek hubungan internasional dalam menangani pengungsi sehingga tidak ada pelanggaran HAM, dan juga tidak membebani negara,”tuturnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur M Kholid Mawardi berharap dalam Latsarda ini selain bertujuan penyelamatan kapal-kapal pengungsian, ia juga berharap Basarnas memperhatikan titik rawan banjir dan longsor di wilayah sekitar Sungai Komering.

“Karena wilayah OKUS, OKU Induk, OKUT dan OKI, dengan statisnya jaringan Sungai Komering dengan sumbernya Danau Ranau, bila terjadi luapan mengendap dan banjir akibat ditimbulkan sangat besar,” ungkapnya.

Kholid juga berharap kepada Basarnas untuk membantu 4 kabupaten bila terjadi bencana. “Karena bencana tidak bisa diduga dan diukur, sar harus berherak cepat tidak perduli baik siang atau malam,” tukasnya.

Baca Juga :   USS dan PWI Sumsel Jalin Kerjasama 

Sedangkan Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin pihaknya sangat apresiasi terhadap Basarnas Sumsel, yang begitu proaktif diberbagai bidang.

“Saya mendukung dengan kesetiakawanan nasional, bela negara dan pengabdian. Perlu diketahui ada 135 anak sungai, namun sekarang 60 persen sudah hilang, namun tetap harus diperhatikan dengan potensi dan dampaknya. Kesultanan Palembang Darussalam mendukung penuh kinerja basarnas Palembang,” tegasnya.

Dalam Latsarda ini diisi dari KSOP dan Imigrasi Palembang kepada peserta tentang peranan masing-masing dalam penanganan kecelakaan kapal pengungsi dari luar negeri Serta pemberian Tactical Table Floor Game. (oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Fauzi

Avatar

Check Also

Feby Deru Pamerkan Koleksi Kriya Sriwijaya

Palembang, Detik Sumsel – Agenda gelaran rapat konsuktasi  (rakon) PKK se-Sumsel yang berlangsung di Griya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *