Iklan
Pemprov

Bank Indonesia Siapkan Uang Pecahan Kecil Hingga Rp 3,15 Triliyun

#Hadapi Lebaran Tahun Ini

Palembang, Detik Sumsel – Menjelang hari raya Idul Fitri, Bank Indonesia mempersiapkan Rp 3,15 triliyun untuk memenuhi permintaan penukaran uang pecahan kecil di tiap perbankkan.

Jumlah tersebut meningkat 6 persen dari tahun sebelumnya, disebabkan karena prediksi kebutuhan uang pecahan kecil di tahun ini.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Palembang, Hari Widodo mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa melakukan penukaran uang pecahan kecil di perbankan yang ada di wilayah Sumsel.

“Karena masih pandemi, Bank Indonesia tidak melayani penukaran uang pecahan kecil yang biasanya dilakukan secara keliling. Jadi untuk tahun ini, penukaran uang pecahan kecil bisa dilakukan di semua bank yang ada di Sumsel,” jelas Hari, disela kegiatan Bincang Bareng Media Ramadan Penuh Berkah dengan Cinta Bangga Paham Rupiah di Palembang, Jumat (23/04).

Baca Juga :   Stok Avanza Menipis, Ayo Segera Indent

Ditambahkanya, jumlah kesiapan uang kartal untuk lebaran tahun ini memang jauh lebih rendah dibanding momen lebaran pada saat sebelum pandemi. Namun pihaknya meyakini saat ini kebutuhan pecahan uang kecil lebih tinggi dibanding tahun 2020 karena memang saat ini sudah memasuki masa new normal dan kegiatan masyarakat sudah meningkat.

“Kami menilai bahwa prospek ekonomi kita akan membaik, kegiatan masyarakat meningkat, sehingga konsumsi masyarakat juga sudah naik. Kami pun meyakini kebutuhan akan pecahan uang kecil akan meningkat juga,” jelas Hari.

Untuk penukaran uang, pihaknya telah bekerja sama dengan 28 bank umum dengan 169 titik lokasi penukaran uang kartal tersebut.

“Sekarang masyarakat sudah bisa lakukan penukaran uang pecahan kecil hingga 11 Mei nanti. Intinya tugas Bank Indonesia akan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan uang yang kondisinya layak edar karena kami juga ada kebijakan uang bersih uang layak,” ungkapnya.

Baca Juga :   Salurkan CSR, The 1O1 Manfaatkan Botol Plastik Bekas untuk Menanam

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat menukarkan uang pecahan di loket-loket penukaran uang pecahan resmi yang ada di perbankan. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi beredarnya uang palsu di wilayah Sumsel.

Ia menambahkan, pihaknya meminta agar masyarakat menukar uang pecahan kecil di bank-bank yang sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia.

“Kita meminta agar tidak masyatakat tidak melakukan penukaran uang di jalan atau di tempat-tempat fasilitas umum, sebab kita juga ingin menghindari adanya potensi uang palsu,” tutupnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Apresiasi Talenta Kreatif Indonesia, Hadirkan Telkomsel Awards 2021

Palembang, Detiksumsel – Untuk memacu spirit bagi seluruh insan agar dapat terus berkarya untuk negeri, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *