Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Salah satu upaya masyarakata Desa Mendis Jaya, Kecamatan Bayung Lencir dalam meningkatkan produktifitas ditengah Pandemi Covid-19.

Bank COVID-19 Mendis Jaya, Inovasi Ditengah Pandemi

Sekayu, Detik Sumsel – Setelah sebelumnya ada gerai dan cuci masker gratis. Tak ketinggalan, Inovasi yang sangat patut diacungi jempol kembali muncul di Kecamatan Bayung Lencir, tepatnya pemerintah Desa Mendis Jaya dengan inovasi Bank COVID-19nya.

Bank COVID-19 yang bersekretariat di Kantor Kepala Desa Mendis Jaya ini pada awalnya muncul demi memberikan bantuan kepada warga Desa Mendis Jaya yang terdampak pandemi COVID-19, terutama warga kurang mampu.
Pada Bank COVID-19 ini, siapa saja bisa menabung kebaikan berupa sembako yang kemudian diserap oleh Bank COVID-19, dan siapa saja bisa mengambil sembako yang ada jika merasa sangat membutuhkan.

“Awalnya seperti itu, siapa saja bisa menabung amal (memberikan sembako) disini untuk bisa di nikmati warga yang kurang mampu,” ungkap Kepala Desa Mendis Jaya, Jefri KR.

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini Bank COVID-19 ini bukan hanya melayani kebutuhan pangan atau sembako saja. Bank COVID-19 ini sudah bisa memberikan pinjaman usaha, pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :   Puncak Milenial Road Safety Festival di OKU Dipastikan Meriah

Pemuda Mendis salah satunya, mendapatkan bantuan usaha ternak ayam Kampung Joper, kemudian pengembangan usaha rumahan ibu-ibu UP2K-PKK berupa makanan ringan, Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) yang sudah tersebar di 25 rumah atau kepala keluarga di Desa Mendis Jaya serta beberapa bantuan usaha lainnya.

Hal tersebut kemudian di support oleh Camat Bayung Lencir, Muhammad Imron SE., MSi dimana Imron sapaan akrabnya ini memberikan dukungan penuh berjalannya Bank COVID-19 ini secara kontinyu walau kedepannya sudah tidak ada lagi COVID-19.

“Semoga bisa membantu dalam masa pandemi ini bagi warga, diharapkan juga bisa meningkatkan perekonomian warga itu sendiri, untuk usaha rumahan ibu-ibu UP2K-PKK Mendis Jaya kita bantu proses pembuatan ijin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan Pengemasan Produk (Packaging Product),” kata Imron.

Sementara salah satu penerima bantuan pengembangan usaha, Sayama (40), mengungkapkan rasa terima kasih dan syukurnya atas adanya Bank COVID-19 tersebut.

Baca Juga :   Maraknya Pengemis di Palembang, Heri Tegaskan Sanksi Bagi Pemberi Uang

“Alhamdulillah ini lebih dari cukup untuk kami bisa mengembangkan usaha yang sudah ada, terimakasih juga kepada pemerintah Desa dan Kecamatan yang akan memfasilitasi perijinan, pengemasan dan pemasaran produk kami. Produk kami saat ini ada dodol nanas, berbagai jenis keripik dan makanan ringan yang kami produksi dirumah,” tutupnya.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengapresiasi inovasi Bank COVID-19 yang di inisiasi jajaran Kecamatan Bayung Lencir. Menurutnya, program tersebut kiranya bisa diikuti Kecamatan lainnya di Muba

“Bank COVID-19 ini sangat positif, esensinya saling menolong di tengah pandemi,” ulasnya.

Lanjutnya, pandemi COVID-19 mengajarkan kita selalu kuat dengan gotong royong dan tolong menolong. “Alhamdulillah Bayung Lencir telah melaksanakannya, semoga kita selalu saling melindungi satu sama lain,” tandasnya. (edy)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Edy Parmansyah

Avatar

Check Also

Timbun Gas 3 Kg Pemilik Ini Warung Diamankan Polisi

Lahat, Detik Sumsel — Unit Reskrim Polsek Kota Lahat, Minggu (25/10), sekitar pukul 11.00 WIB, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *