Youtube Channel
Banjir Mulai Surut, Warga Kikim Timur Bersihkan Puing Sisa Banjir
Tampak rumah milik yayu roboh diterjang banjir. Foto Heru/DS

Banjir Mulai Surut, Warga Kikim Timur Bersihkan Puing Sisa Banjir

Lahat, Detik Sumsel — Pasca banjir bandang yang menerjang kabupaten Lahat Kamis pagi (9/1) lalu, 12 rumah warga di desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur Lahat, tercatat roboh dan hanyut. Sedangkan 196 rumah tercatat terendam. Jumat (10/1), banjir sudah surut, warga terpantau masih sibuk membersihkan puing-puing sisa banjir.

Salah satu warga yang rumahnya roboh diterjang banjir adalah Nyayu (55). Air Sungai Kikim yang berjarak sekitar 20 meter dari rumah Nyayu, Kamis pagi meluap setinggi empat meter. Derasnya luapan air membuat rumah milik Nyayu bergeser sekitar tiga meter, dari tiang semen yang menyangga rumah yang diisi enam orang tersebut. Alhasil rumah Nyayu yang berada persis dipinggir jalan jadi roboh bersama tiangnya.

Baca Juga :   Peternak Ayam Menjamur, Hanya Sumbang "Bau" Bagi Warga

“Hanya berkas-berkas saja yang bisa diselamatkan. Sebelum air menutupi rumah, kami sudah belari ke arah atas,” ujar Nyayu disela sela membersihkan sisa puing rumahnya, Jumat (10/1).

Selain Nyayu, warga lainnya juga tampak membersihkan puing sisa banjir, dan mencari harta benda yang terseret air. Pasca banjir  warga kesulitan air bersih. Petugas TNI, BPBD masih terlihat membatu aktifitas warga pasca banjir.

“Kalau untuk se Kecamatan Kikim Timur saja, ada 602 rumah yang terendam, 32 rumah hanyut. Data untuk kecamatan lain masih kita kumpulkan,” terang Kepala BPBD Lahat, Marjono SE. (heru).

Baca Juga :   Burung Seharga Jutaan Yang Dicuri Leo Dilepaskan Begitu Saja
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Pria Terduga Teroris Diamankan Tim Densus 88 di Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Tim Densus 88 melakukan penangkapan seorang pria terduga teroris. Penangkapan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *