Iklan
Pemprov
Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Eddy Suroso ST menyegel pengerjaan Stabling PT Balayasa Lahat, Foto Heru/DS.

Bangun Dulu Baru Izin, DLH Lahat Segel PT Balayasa

Lahat, Detik Sumsel – Pengerjaan pembangunan area parkir gerbong Kereta Api (Stabling) oleh pihak PT Balayasa di lahan kosong sekitar Pasar Kaget, Kota Lahat, akhirnya disegel oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat. Pasalnya PT Balayasa Lahat diduga dengan sengaja melakukan pembangunan di lahan yang tidak masuk dalam izin UKL-UPL yang diterbitkan tahun 2014.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Agus Salman, melalui Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Eddy Suroso ST mengatakan, penyegelan ini rangkaian kegiatan pengawasan penaatan lingkungan, yang sudah dilakukan pada Kamis (4/3) lalu. Hasil temuan pihaknya PT Balayasan sengaja melakukan pembangunan/pengerjaan diluar dari area yang tertera dalam izin UKL-UPL miliknya.

Baca Juga :   Simpan Sabu Dalam Stop Kontak Listrik, Alfasni Diganjar 5 Tahun Bui

“Saat itu kita menemukan beberapa pelanggaran, dasar hukumnya UU No 32 tahun 2019 tentang perlindungan lingkungan hidup, atas perubahan UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” terang Edi Suroso disela melakukan penyegelan, Senin (22/3).

Edi membeberkan, pelanggaran yang dilakukan PT Balayasa ini, terkait kegiatan penambahan pembangunan jalur stabling dengan luas area 1,1 hektar, dimana lahan tersebut berada diluar dari area yang tercantum di UKL-UPL PT Balayasa tahun 2014 yang seluas 9,6 hektar.

“Pengerjaan pembangunan ini sudah kita segel, seluruh pengerjaan distop. Mereka harus memiliki izin dahulu, dari izin itu jadi dasar diterbitkannnya izin mendirikan bangunan,” tegas Eddy.

Baca Juga :   Jajaran dan IAD Kejari Palembang Bagikan Takjil ke Pengendara

Sementara,Yadi, Quality Control PT Balayasa Lahat menuturkan, pembangunan diarea seluas 1,1 hektar itu rencannya bakan dijadikan tempat antri gerbong yang mau melakaukan perbaikan. Bakal digunakan untuk gerbong kkbw (gerbong barang) kapasitas 30 ton, 42 ton, 50 ton dan 54 ton.

“Temuan dan penyegelan ini sudah dibuatkan berita acaranya,hal ini akan langsung kita sampaikan kepada pimpinan,” tuturnya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Herman Firdaus Ditunjuk Jadi Plt Ketua DPD Golkar Ogan Ilir

Indralaya, Detik Sumsel- Pengurus DPD I Partai Golkar Provinsi Sumsel, Herman Firdaus, ditunjuk sebagai Pelaksana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *