Pemerintah Kabupaten Banyuasin Siap Menyukseskan Asian Games Tahun 2018

Bakal Jadi Kampus Terbesar di Sumsel

0
933
Menteri Agama Lukman Saifuddin saat melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus B UIN Raden Fatah di Jakabaring, Rabu (31/10).

Palembang, Detik Sumsel- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melakukan pemasangan batu pertama pembagunan kampus B Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang terletak di kawasan Jakabaring, Rabu (31/10).

Dijelaskan Lukman, saat ini Indonesia memprioritaskan pendidikan dengan menggarkan sebenyak 20 persen dana Anggaran Pembelajaan Belanja Negera (APBN selain Taiwan. Indonesia sendiri mengaggap sektor pendidikan sangat penting.

“Kita ucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumsel yang telah menghibahkan tanah seluas 35 hektar untuk pembangunan gedung B UIN Raden Fatah,” ungkapnya usai pemasangan batu pertama gedung B UIN Raden Fatah Palembang.

Baca Juga :   UBD Yudisium 55 Mahasiswa Pascasarjana

Lukman mengingatkan, dalam proses pembangunan pendidikan harus melihat mutu dan kualitas, jangan sampai hanya memproritaskan fisik saja tetapi juga pada aspek spiritual agamanya.

“Kita berkomiteman akan semua sekolah tinggi naik menjadi institut dan tidak semua institut bisa menjadi universitas,” paparnya.

Lanjutnya, kampus harus tetap bertunggu pada distingsi masing-masing yang menjadi ciri khas masing-masing perguruan tinggi termasuk UIN Raden Fatah Palembang yang memiliki distingsi Islam melayu.

Sementara itu, Rektor UIN RaDen Fatah Palembang, Muhammad Sirozi mengatakan, pembangunan kampus B di kawasan bertujuan mengningkatkan integritas dari kampus isntistut ke universitas.

Baca Juga :   Kuliah Iftitah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN RF Bahas Sinergitas Penegakan Hukum

“Nanti ada gedung B akan dipergurnakan untuk kampus utama dengan rincian kantor pusat administrasi, laboratorium terpadu, perpustaan, dakultas sains dan teknologi, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas tarbiyah dan fakultas psikologi,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk fakultas yang ada di kampus lama sebagian digunakan sebagai kampus program magister. Pembangunan gedung baru sebanyak 9 unit gedung dimulai sejak 16 Oktober 2018 lalu hingga 16 bulan kedepan, namun diperkirakan akan selesai dalam durasi waktu hanya 14 bulan selesai.

“Kalau selesai, kampus B UIN Bakal jadi kampus terbesar di Sumsel,” pungkasnya.(tet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here