Iklan

Detik
Pemprov

Ayo Pesan Mobil Sekarang! Sebelum Stok Habis

Palembang, Detik Sumsel – Kebijakan pemerintah yang bakal memberikan pajak PPN dan PPnBM yang rencananya akan mulai berlaku 1 Maret dirasakan oleh showroom mobil karena membuat konsumen menunda membeli mobil karena menunggu kebijakan tersebut digulirkan.

Kepala Cabang Tunas Auto Graha (TAG) Cabang Palembang, Hadi Maryanto mengatakan, untuk menyiasati konsumen yang menunda membeli mobil karena menunggu kebijakan tersebut, TAG menghimbau agar konsumen bisa memesan mobil saat ini namun tetap akan dihitung bulan depan sehingga kebijakan pajak nol persen berlaku.

“Saat ini belum tahu dan belum ada petunjuk teknis dari pusat berapa rincian pajak nol persen itu sehingga berapa harga mobil yang bakal dibandrol Maret nanti,” ujarnya, Kamis (25/02).

Hadi mengatakan, konsumen diminta pesan sekarang karena kebijakan ini diprediksi bakal mendongkrak penjualan mobil sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk membeli mobil.

Sementara itu stok mobilnya terbatas karena kebijakan PSBB membuat produksi tidak maksimal dan adanya perubahan harga mobil membuat harganya lebih murah.

Baca Juga :   DANA Berikan Pengguna Jaminan Proteksi 100 Persen

Ditambahkanya berharap kebijakan pajak nol persen ini bisa membuat penjualan mobil di TAG kembali normal seperti sebelum pandemi atau dikisaran 350 unit. Sebab saat ini penjualan mobil memang tetap sesuai target setelah direvisi karena dampak pandemi yakni 200 mobil.

“Pesan mobilnya sekarang tapi harga bulan depan sebab jika lambat pesan kemungkinan mobil minim karena masyarakat sengaja menunggu kebijakan ini,” jelas Hadi.

Hadi mengatakan, jika pelanggan Toyota membeli mobil hingga Maret berpeluang membawa banyak hadiah karena adanya undian berhadiah dari TAM yakni 200 iPhone 12 mini yang diundi setiap bulan sejak Januari hingga Maret, dan diakhir periode undian tersedia satu grand prize satu unit mobil Voxy.

Ditambahkanya, dari informasi yang ada bahwa aturan yang dibuat sebagai upaya meningkatkan gairah industri sektor otomotif ini penerapannya dibagi secara bertahap, yaitu diskon PPnBM sebanyak 100% di bulan Maret – Mei 2021, 50% di bulan Juni – Agustus 2021, dan terakhir 25% di bulan September – November 2021.

Baca Juga :   Lindung Nilai, BNI Tawarkan Perlindungan Kas Nasabah dari Pergerakan Pasar Keuangan

Dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak. Kebijakan relaksasi PPN dan PPnBM hanya berlaku pada model-model CKD dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan mempunyai kandungan komponen lokal lebih dari 70%.

Berdasarkan perhitungan, tipe Toyota yang akan mendapatkan pengurangan Pajak ini adalah adalah Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta. Sementara model yang masuk dalam cluster LCGC yakni Agya dan Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPnBM-nya sudah 0%.

Terkait penjualan saat ini secara keseluruhan total SPK mencapai 190 unit untuj Palembanga. Dari total penjualan tersebut indent mencapai 60 unit sedangkan penjualan dibulan februari ini penjualan sampai saat ini mencapai 288 unit. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Maya

Avatar

Check Also

Amankan Stok dan Penyaluran BBM serta LPG Selama Ramadhan Hingga Idul Fitri

Palembang, Detik Sumsel – PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II memastikan kondisi stok, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *