Iklan
Pemprov
Sekretaris Asosiasi Jasa Pengiriman Logistik (Asperindo) Sumatera Selatan, Haris Djunaidi

Awal Tahun Tarif Ongkos Pengiriman Naik 20 Persen

Palembang, Detik Sumsel – Tingginya kenaikan biaya angkut pesawat, mengharuskan Asosiasi Jasa Pengiriman Barang (Asperindo) menaikan biaya ongkos 15 sampai 20 persen.

Mulai 1 Januari 2019, nanti seluruh tarif ongkos pengiriman terpaksa melakukan penyesuaian untuk mengimbangi kenaikan tarif yang dilakukan oleh airline 30 sampai 60 persen, dan tarif biaya gudang sebesar 20 persen.

Sekretaris Asosiasi Jasa Pengiriman Logistik (Asperindo) Sumatera Selatan, Haris Djunaidi menjelaskan, kenaikan ini merupakan akumulasi dari kenaikan yang sudah dilakukan airline terlebih dahulu. Untuk tarif Pangkal Pinang – Palembang saat ini sudah mencapai Rp 7.000 dari sebelumnya Rp 2.800 dan ini berlaku hampir seluruh airline.

Baca Juga :   Selama 2019 Indosat Ooredoo Tumbuh Positif

“Garuda sebelum kita menaikkan harga di awal Januari nanti, maskapai BUMN ini justru sudah menaikkan tarif angkut hingga empat kali, dan sekali kenaikan mencapai 15 persen,” katanya, Kamis (06/12).

Ia menambahkan, untuk menjaga agar tetap bisa operasional di tengah kenaikan harga ini, pihaknya mencari solusi dengan moda transportasi yang lebih murah menyesuaikan tarif, seperti angkutan darat, dan ada wacana dari asosiasi untuk menyewa pesawat untuk angkutan kargo.

Diakuinya kenaikan ini tentu saja akan berdampak dengan penurunan daya beli konsumen. Agar bisa bertahan dan tetap bisa melayani costumer, sebagian dari pelaku usaha jasa pengiriman sudah menggunakan layanan jasa angkutan darat darat untuk pengiriman tertentu seperti pengiriman reguler.

Baca Juga :   SJ In-flight Entertainment Hilangkan Bosan dalam Penerbangan

“Meski ada kenaikan tarif biaya kirim, namun kami tetap optimis tahun depan ini akan tumbuh, apalagi saat ini transaksi jual beli melalui online terus mengalami peningkatan,” katanya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tingkatkan Layanan Kantor Pos Buka 24 Jam

Palembang, Detik Sumsel – Terhitung sejak awal Juni 2021 kemarin, kantor pos Merdeka operasional selama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *