Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Area Sumatera Borong Penghargaan Inovasi 2018

Area Sumatera Borong Penghargaan Inovasi 2018

Tanggal : Pukul :
345
0
Operation Manager (OM) Auto 2000 Sumatera, Judianto mengangkat piala bersama COO Auto 2000.

Palembang, Detik Sumsel – Dari lima kategori perlombaan inovasi yang dilaksanakan secara nasional, wilayah Sumatera hampir memborong semua hadiah, diantaranya juara 2 QCP Nasional yang diraih Auto 2000 Sisingamangaraja Medan, Juara 3 QCC Non Teknis Nasional Auto2000 Sisingamangaraja Medan, dan Tanjung Api-Api Palembang yang meraih juara 2 QCP untuk kategori culture nasional.

Selain itu, Auto2000 Tanjung Api-Api juga mendapatkan Special Recognition dari Direksi sebagai The Best Contributor Innovation 2018.

“Penghargaan yang kita peroleh ini tidaklah gampang, tapi harus melalui proses yang panjang. Setelah melalui seleksi yang sangat ketat selama empat bulan, akhirnya Auto 2000 area Sumatera menyapu bersih hampir di semua katagori penghargaan dalam kompetisi inovasi 2000 tahun 2018, yang diadakan di Haris Hotel Kelapa Gading belum lama ini,” jelas Operation Manager Auto 2000 Sumatera, Judianto, Kamis (11/10).

Ia menambahkan, penghargaan yang didapatkan ini, merupakan bukti kerja keras yang mampu didapat area Sumatera. Pihaknya sejak dulu, memang sangat fokus terhadap inovasi dan kaizen. Karena Inovasi dan Kaizen merupakan suatu budaya Astra yang senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan dan menciptakan budaya inovasi dan kreatif, sehingga Auto2000 senantiasa berkembang dan terus menjadi market leader di dunia otomotif.

“Inovasi 2000 merupakan ajang untuk perbaikan proses kerja, peningkatan kinerja perusahaan, apresiasi improvement project, serta pengembangan karyawan. Sesuai dengan budaya perusahaan Auto2000 yaitu FIRST, khususnya Value Strive for Excellence, semangat melakukan kaizen dan inovasi sangat diperlukan untuk mencapai kualitas kerja terbaik dalam menghadapi perubahan,” ujarnya.

Judianto menambahkan, ini merupakan salah satu stategi utama dari PT Astra Internasional dalam mencapai Becoming a World Class Organization dimana ada empat strategi utama yang dilakukan yaitu Continuous Innovation Is A Must, Human Capital Think Globally Act Locally, Agile Organization dan Partner of Choice.

Tahun ini, ajang bergengsi tingkat nasional itu mengusung tema yang sesuai dengan grand strategy Auto2000 yaitu Go Lean, Go Local, Go Personal, Go Digital.

“Ini dimaknai kita harus mengerahkan potensi terbaik bisnis kita untuk mencapai terobosan baru secara lebih mandiri dan tetap mengikuti perkembangan digital, serta tetap menjalankan tuntutan dari Toyota dalam memahami pelanggan lebih baik demi mencapai Best In Town,” katanya.

Tahun ini juga Auto2000 Area Sumatera juga mengirimkan kontestan The Best Kaizen terbanyak untuk Regional Kaizen dan Innovation Marathon Sumatera yg diselenggarakan oleh Toyota Astra Motor. Cabang yang maju di kontes tersebut adalah Auto2000 Medan Sisingamangaraja, Auto2000 Medan Gatot Subroto, Auto2000 Medan Pancing, Auto2000 Palembang Tanjung Api Api, Auto2000 Lampung Rajabasa.

“Tidak kalah penting, Auto2000 Area Sumatera juga mengirimkan perwakilan untuk Customer Satisfaction & Kaizen Evolution di tingkat Asia Pasifik, mewakili Toyota Indonesia,yakni melalui cabang Auto2000 Palembang Tanjung Api Api. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada semua tim sumatera,” ujarnya.

Proses seleksi inovasi sendiri dimulai sejak Juni lalu dimana tahapan seleksinya meliputi pengumpulan judul, pengumpulan step 1-4 dalam hal penentukan tema, menetapkan target, analisa akar masalah, membuat rencana perbaikan. Lalu masuk pada pengumpulan step lima hingga delapan, meliputi implementasi, evaluasi, standarisasi, next plan. Jumlah risalah dari step satu hingga delapan tahun 2018 terkumpul capai 613 project.

Sedangkan, Kepala Cabang Auto 2000 TAA, Haris Deswanto mengatakan, ini penghargaan yang kedua diperoleh. Kami ingin tetap mempertahankan penghargaan yang sudah didapat ini.

“Auto 2000 TAA sendiri, tahun ini mengirim curture digital dalam hal memberikan layanan untuk kepuasanan pelanggan melalui aplikasi gagdet. Dimana ketika pelanggan masuk ke bengkel, pihaknya sudah bisa menganalisa apa yang harus diperbaiki,” katanya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here