Pemerintah Sumatera Selatan
TAG TOYOTA
BANK INDONESIA
BANK INDONESIA
BANK INDONESIA
Beranda OKU Timur Antisipasi Bencana, Tim SAR OKU Timur Gelar Pelatihan

Antisipasi Bencana, Tim SAR OKU Timur Gelar Pelatihan

Tanggal : Pukul :
506
0
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur melakukan Pelatihan potensi SAR water rescue demi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Martapura, Detik Sumsel — Basarnas Palembang melakukan Pelatihan potensi SAR water rescue di Kabupaten OKU Timur demi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia guna terciptanya operasi cepat, tepat dan aman di Bina Praja II Pemda OKU Timur.

Sekda OKU Timur Jumadi S.Sos menegaskan di Bumi Sebiduk Sehaluan mayoritas bencana, kebakaran lahan, tanah langsor di seputaran tepian Komering (Tekom), angin puting beliung itu merupakan potensi bencana di OKU Timur. Selasa (10/9).

Sementara, bencana banjir itu kiriman dari OKU Selatan kondisi ini sangat memperhatikan warga Tekom, kebakaran lahan itu biasanya terjadi pada musim kemarau ketika warga hendak membuka lahan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan dan mampu mengaplikasikan terutama mengenai penanganan di sungai.

Baca Juga :   Dinkes OKU Timur Terkesan Eksklusif

“Kita tidak menginginkan musibah itu datang namun setidaknya kita mengantisipasi musibah tersebut,” tegasnya.

Terpisah, direktur Bina Potensi Badan Nasional pencarian dan pertolongan Basarnas, Marsekal Pertama Faturahman Indrajaya SE MM mengatakan seluruh leserta berasal dari SAR Kabupaten OKU Timur serta pencinta kemanusiaan. Materi yang disampaikan pertolongan di air sehingga nantinya para peserta bisa menyelamatkan dirinya sendiri maupun orang lain.

Baca Juga :   Agenda Mediasi Warga Campang Tiga Belum Jelas

Dengan tujuan keterampilan kepada peserta sehingga apabila terjadi kecelakaan dipermukaan air baik tenggelam maupun hanyut mampu menolong, atau masyarakat bisa menghubungi call 115. “Di OKU Timur sendiri banyak kejadian membahayakan jiwa manusia, maka dari itu SAR bekerja sama TNI Polri untuk penanganan bencana,” pungkasnya. (sus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here