Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Anjal di Lahat “Teror” Anak Gadis

Anjal di Lahat “Teror” Anak Gadis

Tanggal : Pukul :
696
0
Tampak Anjal sedang tidur terlelap di teras ruko yang berada persis dipusat Kota Lahat. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Komplek pertokohan Citra Niaga yang berada persis di pusat Kota Lahat ini, rupanya jadi tempat peristirahatan yang nyaman bagi sejumlah anak jalanan (Anjal). Buktinya hampir setiap hari, ada saja terlihat Anjal yang menumpang tidur di lantai depan ruko yang tidak beroprasi ini.

Tidak ada lagi tindakan tegas dari instansi terkait, disinyalir membuat kian bermunculannya wajah-wajah baru Anjal di Kota Lahat. Dengan tampang kusam, bermata sayu, Anjal yang diketahui kebanyakan bukan berasal dari Kabupaten Lahat ini, beraktifitas berkelompok. Bukan hanya laki-laki, bahkan ada juga Anjal perempuan yang kerap terlihat.

“Terkadang kasian melihatnya, tapi kelakuan mereka ini juga buat kesal. Ada yang suka memaksa saat meminta, apalagi terlihat sambil menghisap lem aibon,” ujar Yudi (23), warga Kota Lahat, Rabu (17/10).

Meskipun memiliki kelompok-kelompok, keberadaan Anjal di Lahat sendiri sangat mudah ditemui. Seperti di Simpang Empat Pasar Lematang Lahat, dan Pasar PTM Lahat. Selain meminta-minta, Anjal ini mengisi hari-harinya dengan cara mengamen.

“Kurang nyaman aja, takut rasanya saat di pasar ramai mereka (Anjal red). Apalagi saya masih gadis. Tolong pak Satpol PP, tertibkan lagi Anjal-anjal ini,” ucap Mega (19) warga Kota Lahat, yang kebetulan melintas diarea pertokohan itu.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Lahat, Harinus membenarkan, penomena keberadaan Anjal di Kota Lahat muncul kembali. Tidak sedikit merupakan wajah baru, yang kebanyakan pendatang dari luar Kabupaten Lahat. Sebelumnya bersama Satpol PP Lahat, pihaknya telah melakukan penertiban.

“Kalau Anjal ini, sudah tidak mempan dibina. Penertiban dan pembinaan kerap dilakukan, tapi tidak lama setelah itu mereka muncul lagi. Kita akan berupaya ambil tindakan, agar tidak meresahkan warga,” ucap Harinus. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here