Beranda Daerah Angka Perceraian di OKU Menurun Drastis

Angka Perceraian di OKU Menurun Drastis

Tanggal : Pukul :
101
0
Ketua Pengadilan Agama OKU Jalaluddin

Baturaja, Detik Sumsel — Angka kasus perceraian di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada 2019, menurun drastis. 2018 lalu terjadi 1.422 perceraian, tahun ini hanya 419 perkara. Hal ini diungkapkan Humas Pengadilan Agama kelas 1A Baturaja, Jalaluddin.

Menurut Jalaluddin, menurunnya angka perceraian ini disebabkan adanya penambahan dua Pengadilan Agama yang baru, yakni di Kabupaten OKU Selatan dan OKU Timur. Diungkapkannya tahun lalu PA Baturaja menangani kasus perceraian di tiga kabupaten. “Sekarang cuma di OKU saja. Karena itu jumlahnya menurun drastis,” ucapnya

Selain itu, lanjut Jalaluddin, turunnya angka perceraian juga tak lepas dari peran hakim yang ada di Pengadilan Agama kelas 1A Baturaja dalam melakukan mediasi berkaitan dengan perkara perceraian. “Alhamdulilah banyak juga gugatan cerai yang diajukan ke kita berakhir damai gara-gara pasangan suami istrinya berhasil dirujuk oleh hakim. Namun untuk angka detailnya saya lupa,” timpal Jalaluddin.

Diungkapkan Jallaludin, penceraian di OKU sebagian besar dipicu masalah ekonomi dan narkoba. Tetapi ada juga disebabkan oleh kekerasan di dalam rumah tangga. “Sekarang ini banyak sekali kasus gugatan perceraian yang diajukan istri karena suaminya suka mengkonsumsi narkoba,”

“Mereka mengaku tidak tahan hidup serumah dengan pria yang sudah terjerat di lingkaran setan tersebut sebab sikapnya kepada pasangan kasar, boros dalam mengelola keuangan dan lain sebagainya,” pungkasnya. (fei)

 

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here