Iklan

Detik
Pemprov
Pelaku pencurian HP di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diamankan anggota Direktorat Intelkam Polda Sumsel

Anggota Intel Amankan Dua Pelaku Pencurian HP di ATM

Palembang, Detik Sumsel — Anggota Unit I Subdit I Direktorat Intelkam Polda Sumsel Senin (30/11/2020) berhasil mengamankan dua pelaku pencurian handphone milik nasabah saat mengambil uang di anjungan tunai mandiri (ATM).

Kedua pelaku yang diamankan yakni Ridwan (24) dan Erik Setiawan (24) mereka diamankan tempat yang berbeda.

Kedua pelaku diamankan setelah kedapatan mengambil dua unit HP milik Alpiko (42) warga Jalan Putri Kembang dadar Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat (IB) I saat tengah mengambil uang di ATM BRI Jalan Srijaya Negara Kelurahan Bukit Lama Kecamatan IB I, Sabtu (24/10/2020) sekitar pukul 10.30 Wib.

Dimana korban sedang mengambil uang, meletakkan dua unit HP merek OPPO dan Samsung J3 Pro nya dekat mesin ATM. Setelah mengambil uang ternyata HP tertinggal. Saat itu tersangka Ridwan langsung mengambil handphone korban lalu oleh tersangka Ridwan HP Samsung J3 Pro diberikan kepada Erik Setiawan.

“Modus mereka ini, mengambil uang di ATM menggunakan kartu ATM orang lain. Saat pelaku Erik menarik uang, pelaku Ridwan melihat ada dua unit hp di dekat mesin ATM kemudian langsung diambil dan di simpan dibalik celana bagian belakang,” kata Kanit I Subdit I Direktorat intelkam Polda Sumsel Kompol Agus Marhabi.

Baca Juga :   Ditengah Pandemi Covid-19, Ekspor Ikan Naik Signifikan

Dikatakan Agus, setelah Erik menarik uang dari ATM kedua pelaku pun keluar dari ATM. Beberapa hari kemudian Ridwan memberikan HP Samsung J3 Pro ke Erik.

“Ambilah HP ini , aku menemukan HP dan bukan maling ,” kata Ridwan.

Ternyata HP pemberian Ridwan tidak digunakan oleh Erik namun dijualkannya ke Ari Novian (24) seharga Rp 300ribu. Selain mengamankan dua pelalu pencurian pihaknya juga mengamankan satu penadah yakni Ari Novian yang membeli HP Samsung J3 Pro.

“Kasus ini terungkap setelah kami melihat rekaman CCTV, dimana pelaku Ridwan ini mengambil dua unit HP milik korban namun tidak mau dikembalikannya bahkan satu unit HP diberikannya ke temannya sedangkan HP OPPO di jual Ridwan ke internasional Plaza (IP). Kami akan menyerahkan para pelaku ini ke Polsek IB I untuk ditindak lanjuti” ungkapnya.

Baca Juga :   Desa Bangsal Jadi Pilot Project Desa Digital, Ini Harapan Wabup OKI

Sementara itu, tersangka Ridwan (24) warga Jalan Kancil Putih Kecamatan IB I mengakui saat itu ia melihat Hp korban tinggal dan ia pun berencana untuk mengembalikannya ke korban.

“Satu hp itu ku kasihkan sama Erik Aku ngomong boleh nemu HP itu. Lalu HP itu diambil Erik sedangkan OPPO aku yang mengambil dan aku jual ke IP seharga Rp 1.3 juta dan uangnya untuk memperbaiki motor ,” ujarnya.

Lain halnya pengakuan Erik Setiawan (24) warga Jalan Lunjuk Jaya Gang Tanjung Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan IB I ia tidak tahu kalau Ridwan mengambil dua unit HP saat berada di dalam mesin ATM. Karena waktu Ridwan memberikan HP tersebut kepada nya bahwa ia boleh nemu dijalan.

“Baru tahu kalau HP itu boleh maling baru inilah pak aku. Karena Ridwan ngomomg ambekla bukan hp maling. Kareno hp itu sudah jelek aku pun ambil dan aku jual ke Ari seharga Rp 300ribu,” kata Bapak satu anak ini.(oji).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Fauzi

Avatar

Check Also

Yook Ikutan Semarak Ramadhan Bareng Kak Gunhar, Ini Caranya

Palembang, Detik Sumsel – Berbagai ide kreatif, dilakukan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, dengan kondisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *