Pemprov
Anggota Dewan Palembang Usul Tagihan PDAM Digratiskan
Ketua DPRD Kota Palembang (kanan), bersama Sekretaris Dewan

Anggota Dewan Palembang Usul Tagihan PDAM Digratiskan

Palembang, Detik Sumsel – Himbauan stay at home, yang dianjurkan pemerintah, dalam mencegah penyebaran covid-19, sedikit banyak mempengaruhi perekonomian masyarakat. Hal tesebut menjadi perhatian khusus anggota DPRD Kota Palembang.

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengatakan,  covid- 19 sudah menjadi perhatian dunia. Wabah ini merupakan ujian yang harus sama sama ditanggulangi.

“Kita sudah melakukan rapim untuk membahas penganggaran covid 19 ini,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya.

Dikatakanya, pihaknya telah membuat edaran yang berisi 5 poin. Diantaranya kami tidak melakukan perjalanan dinas. Selain itu,  lanjut Zainal,  pihaknya melakukan pengawasan dan sosialisasi terkait penanggulangan covid 19 ini.

“Kita melakukan sosialisasi dooe to door,  serta melakukan pengawasan saat dilakukan penyemprotan, ” katanya.
“Masalah covid 19 ini bukan politisasi.  Karena memang harus dipikirkan bersama.  Kita bersatu melakukan pengawasan. Karena kita langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat,” bebernya.

Baca Juga :   HUT ke 75 Tahun TNI AL, Lanal Palembang Bakal Tambah Dua KAL

Dilain itu diungkapkan Zainal, pihaknya saat ini tengah memberikan usulan, untuk memberikan stimulus dalam hal menggeratiskan biaya tagihan PDAM selama covid-19.

“Mengenai PDAM tinggal kita bahas di eksekutif.  Sebenarnya banyak bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid 19, jadi kami butuh masukan dari masyarakat,”jelasnya.

Hal senada disampaikan Anggota Fraksi PKB Firmansyah, jika salah satu bantuan untuk meringankan beban masyarakat, dengan mengratiskan iuran PDAM.

Dijelaskannya jika besok, akan dilakukan rapat banggar , dalam membahas terkait tersebut, jadi anggota menunggu kesiapan pihak eksekutif terkait mekanismenya.

Baca Juga :   Pelanggan PDAM OKU Bisa Bayar Tagihan Secara Online

“Dana itu harus kita talangi, dari DPRD telah siap dana sekitar Rp 9 M – Rp 9,5 M,”jelasnya melalui sambungan seluler, Kamis (2/4).

Hari ini jelasnya, Sekwan tengah melakukan rapat dengan Sekda, terkait permaslahan tersebut. “Ini sifatnya emergency, eksekutif harus cepat,”terangnya.

Terkait permintaan anggota DPRD, Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa, tidak terlalu banyak berkomentar. “Langsung tanya ke Pak Wali saja ya,”ucapnya

Sementara, Dirut PDAM Tirta Musi Andi Wijaya menerangkan bila terkait wancana tersebut, dirinya akan melakukan koordinasi ke Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Permasi) pusat, karena PLN itu uangnya diganti oleh pemerintah pusat, jika PDAM tidak tau bagaimana.

“Saya akan tanya ke Permasi, untuk bahan pertimbangan,”tandasnya.(Pen)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Efen Permata

Avatar

Check Also

Pelaku Pengancaman Kasir Toko Pakaian Diringkus, Ternyata Resedivis Sudah Lima Kali Masuk Penjara

Palembang, Detik Sumsel — Gerak cepat dilakukan anggota Reskrim Polsek Ilir Barat II sehingga berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *