Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Alhamdulillah, Tahun Depan Upah di Lahat Ikut Naik

Alhamdulillah, Tahun Depan Upah di Lahat Ikut Naik

Tanggal : Pukul :
211
0
Sejumlah pegawai ritail di Lahat. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Pekerja di Kabupaten Lahat dipastikan bisa bernafas lega. Pasalnya kenaikan iuran BPJS Kesehatan tahun depan, ikut diiringi dengan naiknya upah minimum yang didapat. Sehingga pekerja di Lahat, tidak terlalu dalam menggeruk kocek untuk keperluan.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Kepala Disnakertrans Lahat, H Ismail Hanafiah. Ismail mengatakan, hal itu merujuk kepada surat Gubernur Sumsel yang sudah diterina pihaknya. Berbunyi menetapkan upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp 3.043.111.

“Ya tentu ini menjadi kabar baik bagi buruh, atau pekerja di Lahat. Kalau tahun 2019 senilai Rp2.804.453, terhitung Januari 2020 naik menjadi Rp3.043.111,” terang Ismail, Selasa (5/11).

Sementara, Kasi Pengupahan dan Jamsos Tenaga Kerja Disnakertrans Lahat, Aiwa Marlina menjelaskan, upah minimum di Lahat memang masih ikut provinsi, karena di Lahat berlum terbentuk dewan pengupahan. Namun ada solusi lain, yakni dengan membentuk upah minimum sektor provinsi (UMSP). Sayangnya ketentuan penerapan UMSP sendiri, belum diterbitkan oleh Gubernur Sumsel.

“Bisa saja Lahat punya standar upah sendiri, tapi itu jika sudah terbentuk UMSP. Kalau secara tingkatan, besaran upah minimum UMP memang paling rendah. Itu juga jadi faktor kenapa gak terbentuk, karna UMSP nilainya bisa lebih tinggi dari UMK,” jelasnya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here