Pemprov
Rombongan Kasi LB3 DLH Lahat inpentarisasi data kedaruratan di PT BA. Foto Istimewa.

Alat Kedaruratan Perusahaan Bisa Jadi Kekuatan Hadapi Bencana

Lahat, Detik Sumsel — Guna mempercepat penyusunan program kedaruratan Limbah B3 (bahan, berbahaya, beracun) skala kabupaten. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bidang Peningkatan Kapasitas dan Limbah B3, terus gencar lakukan inpentarisasi data ke tiap perusahaan tambang di Kabupaten Lahat.

Kali ini giliran PT Bukit Asam yang dilakukan monitoring. Hasil yang didapat cukup memuaskan, bukan sekedar hanya alat kedaruratan yang lengkap, PT Bukit Asam bahkan sudah memiliki skema hal yang harus dilakukan jika terjadi hal tidak diinginkan.

Baca Juga :   Tamu Hotel Aston Ditemukan Tewas Didalam Kamar

“Kita akui sepanjang monitoring ini PT Bukit Asam yang terlengkap. Mereka bahkan sudah ada skenario drill tanggap darurat. Rencananya seluruh perusahaan tambang dan perkebunan akan kita dorong seperti ini semua,” kata Kepala DLH Lahat, Ir Agus Salman, melalui Kasi LB3, M Khairul, Selasa (3/11).

Namun menurut Khairul, inpentarisasi bukan hanya dibutuhkan jika terjadi hal darurat dibperusahaan, sehingga bisa membuat lingkungan sekitar tercemar. Nantinya data dari inpentarisasi ini bisa dimaksimalkan Pemkab Lahat sebagai kekuatan jika terjadi bencana. Baik bencana alam maupun kebakaran.

Baca Juga :   Ingin Nikmati Sensasi Keliling JSC Naik Golf Car, Cukup Bayar Rp. 15 Ribu

“Setelah mendata dilakukan analisis melibatkan seluruh pihak perusahaan dan Pemkab Lahat. Nanti akan ditentukan instrumen menanggulangi keadaan darurat di masyarakat, disana nanti tergambar. Aturan ini nanti ditetapkan sebagai kebijakan kabupaten, bisa melalui peraturan Bupati Lahat,” jelasnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Gerak Cepat Anggota Jatanras Meringkus Pelaku Pengancaman yang Viral di Medsos

Palembang, Detik Sumsel — Gerak cepat dilakukan anggota Unit IV Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *