Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Akreditasi Puskesmas di Lahat Terkendala SDM

Akreditasi Puskesmas di Lahat Terkendala SDM

Lahat, Detik Sumsel — Dari 33 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat, baru ada sembilan Puskesmas yang sudah mendapatkan akreditasi dari Kementrian Kesehatan.

Sejumlah kendala seperti sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas, hingga sarana dan prasarana yang ada. Membuat target semua Puskesmas mendapatkan akreditasi, menjadi terganjal.

Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Lahat, Darsyah alam, melalui Kasi Fastankes dan akreditasi, M Hadori SMK MPid membeberkan, selain sembilan Puskesmas yang telah terakreditasi, 10 puskesmas sudah di survey tahun 2017 namun belum keluar hasilnya. Empat puskesmas lain sudah diusulkan, namun belum dilakukan survey.

Baca Juga :   Sekda Muba Lantik 31 Pejabat Fungsional  Dinkes dan Koordinator Wilayah Dikbud

“Enam akreditasi dasar, tiga akreditasi madya. Ada delapan puskesmas lagi yang akan di survey diakhir tahun 2018, dan dua puskesmas lagi belum teregistrasi di Kemenkes,” beber Hadori, Senin (3/9).

Menurut Hadori, untuk mengejar akreditasi puskesmas, memang tidak mudah. Masalah clasik seperti kurangannya SDM yang ideal di setiap puskesmas. Seperti Dokter, tenaga analis, dan farmasi. Belum lagi soal sarana dan prasarana, yang masih belum sepenuhnya terpenuhi.

“Yang belum akreditasi, Puskesmas GGB Merapi Timur, dan Puskesmas Sukamerindu. Kebanyakan masih kekurangan tenaga. Jadi, solusinya kami maksimalkan yang ada,” ujarnya. (heru).

Baca Juga :   Berdayakan Masyarakat Terdampak COVID-19, Bersih-bersih Wisata Air
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Pagaralam Catat Penambahan Positif Covid-19 Terbanyak

Pagaralam, Detik Sumsel – Setelah tiga hari sebelumnya penambahan kasus terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *