Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Pendidikan Ajarkan Siswa Menulis Cerpen

Ajarkan Siswa Menulis Cerpen

Tanggal : Pukul :
301
0

Palembang, Detik Sumsel-Sejumlah dosen Univesitas PGRI dari Program Studi Bahasa dan Sastra memberikan pelatihan penulisan karya sastra khususnya cerita pendek di Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran (SMKP) Sinar Bahari Palembang, Kamis (17/1/2019).

Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari implementasi pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. “Dosen wajib melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu Tridarma Perguruan Tinggi”, ujar Dr. Yenny Puspita mewakili dosen Universitas PGRI Palembang.

Sebagai pemateri pada pelatihan tersebut adalah Dr. Arif Ardiansyah, Dr. Achmad Wahidy, Dr. Darwin Effendi, Dr. Indah Puspita Sari, Dr. Siti Rukyah, dan Dr. Yenny Puspita.

Ditambahkan Yenny dipilih pelatihan penulisan cerpen karena biasanya anak-anak remaja seusia mereka penuh dengan imajinasi. Dan membuat cerpen tidak serumit membuat puisi dan novel.

“Karena ini tahap awal kami mengenalkan kepada mereka dan memberi tips dan trik mengembangkan sebuah cerita,”ujar Yeni yang juga Asisten Direktur 1 Pascasarjana UPGRI Palembang.

Kedatangan dosen-dosen Universitas PGRI Palembang diterima langsung Kepala SMKP Sinar Bahari Palembang, Hasanudin, S.Sos. di ruang kerjanya.

“Kami sangat senang dengan adanya pelatihan menulis ini. Dengan adanya pelatihan ini, siswa-siswi dapat menambah wawasan dan ilmu yang sedikit berbeda dengan apa yang biasa mereka dapatkan”, ujar kepala sekolah yang berasal dari Bugis ini.

Ditambahkan kepala sekolah bahwa menulis ini adalah sangat penting. Apalagi di zaman sekarang, masalah bahasa sangat penting dipahami oleh masyarakat. Salah sedikit menyangkut bahasa, tulisan bisa menjadi kesalahan dan polemik karena salah persepsi. Oleh karena itu, kami sangat senang dengan adanya pelatihan bagi siswa-siswi SMKP Sinar Bahari ini.

Dalam pelatihan ini, para siswa diajak untuk berkreativitas menulis, khususnya menulis cerita pendek. Bagaimana tip dan trik serta teknik menulis cerpen diajarkan dalam pelatihan ini.

Siti Nur Asia siswa kelas 3 mengaku senang dengam acara ini dia berharap ada pertemuan lanjutanya. Sebagai siswa kejuruaan ini merupakan hal baru.

“Pelatihan menulis cerpen ini sangat bermanfaat bagi kami. Cerpen pernah kami dapatkan pelajarannya. Namun, cara membuat cerpen baru kali ini. Kami berharap dapat menulis cerpen yang bagus dan dapat dipublikasikan”, ujar gadis murah senyum ini.

Di akhir pelatihan ini, para siswa diajak untuk mengeluarkan ide-ide mereka. Kemudian, mereka dapat menulis sebuah cerpen dengan tema yang mereka sukai. (fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here