Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Pihak DLH Lahat ketika mendatangi sekolah, berikan sosialiasi pemilahan sampah. Foto Heru/DS

Ajak Siswa Pilah Sampah di Sekolah

Lahat, Detik Sumsel — Tanamkan sejak dini prilaku budaya bersih kepada siswa, SMPN 5 Lahat datangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat. Meminta pihak DLH Lahat memberikan sosialisasi tentang biopori (lubang serapan red) dan pengomposan, kepada siswa.

Eko Distiowati SP, guru mata pelajaran pertanian SMPN 5 Lahat mengatakan, pihaknya sengaja berkoordinasi dengan DLH Lahat terkait biograpi, mengingat untuk daerah resapan air sudah berkurang. Sedangkan untuk pengomposan, sudah memiliki tiga bilik ruang pengomposan.

“Tujuannya dari lingkup kecil, siswa sudah bisa memilah sampah yang baik dan benar. Dengan begitu ketika di lingkungan keluarga dan masyarakat, siswa paham jenis sampah dan kegunaannya,” ucap Eko Distiowati, Jumat (26/10).

Baca Juga :   Lestarikan Ikan Air Tawar di Sungai Musi

Sementara, Kabid LB3 DLH Lahat, Budi Utama menyambut baik permintaan pihak SMPN 5 Lahat. Pada dasarnya sekolah merupakan kawasan dengan sumber sampah yang besar. Untuk itu sekolah rujukan harus sudah ada kelompok siswa peduli sampah, pengomposan, dan bank sampah. Sehingga sampah dari sekolah yang dibakar, atau masuk ke TPA.

“Manfaatnya banyak, seperti sampah organik yang dijadikan kompos, pupuk kompos ini bisa dimanfaatkan untuk tanaman di sekolah. Sedangkan sampah yang bernilai jual, bisa masuk ke bank sampah induk,” ucap Budi. (heru).

Baca Juga :   Penembak Catut Akhirnya Serahkan Diri
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Plt Bupati Muara Enim H Juarsa SH saat bersaksi di Sidang OTT PUPR Muara Enim Di PN Klas 1 A khusus Tipikor Palembang, Selasa (20/10) Detik Sumsel.com, Putra

Bantah Terima Fee, Plt Bupati Muara Enim Mengaku Difitnah

Palembang, Detik Sumsel,- Setelah namanya disebut beberapa saksi dipersidangan lalu,  Plt Bupati Mauara Enim H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *