Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik Ajak Pemilih Pemula Dongkrak Partisipasi Pemilu

Ajak Pemilih Pemula Dongkrak Partisipasi Pemilu

Tanggal : Pukul :
265
0
Kegiatan Sosialisi Penguatan Nilai Kebangsaan Pada Pemilih Pemula

Palembang, Detik Sumsel – Guna mensukseskan Pemilu yang akan digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang, berbagai sosialisasi terus dilakukan guna mensukseskan pesta demokrasi serentak tersebut. Seperti kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh salah satu anggota Anggota DPD RI, Hj. Asmawati yang bertemakan ‘Penguatan Nilai Kebangsaan Pada Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2019’, Jumat (08/03).

“Sebetulnya wawasan kebangsaan ini pencetusnya gagasan empat pilar yang dicetuskan oleh Almarhum Bapak Taufik Kemas yakni untuk menguatkan kembali kepada kita yakni generasi muda untuk mengingatkan bahwa NKRI itu memang harga mati,” ungkap Asmawati di kantor DPD RI Sumsel, Jakabaring, Palembang.

Dirinya juga mengatakan, dengan adanya wawasan kebangsaan tersebut generasi muda khususnya para mahasiswa untuk tidak melupakan empat pilar, bahwasanya Pancasila dan Undang-undang 1945, Bhineka Tunggal Ika dan juga NKRI.

Baca Juga :   Kapolri Tito Karnavian Apresiasi Prabowo

“Dan itu selalu kita himbau kepada siapa saja, baik mahasiswa, masyarakat maupun organisasi. Dan selalu kita dengung dengungkan itu bahwa sekarang gunakanlah hak pilih kita sesuai hati nurani kita, karena kita akan rugi kalau kita golput,” jelasnya.

Dirinya berharap dalam Pemilu serentak nantinya, masyarakat akan mendapatkan para calon-calon yang terbaik yang sesuai dengan apa yang diharapkan. “Seperti apa yang kita harapkan yaitu yang mampu mensejahterakan masyarakat dan Negara Rebuplik Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU kota Palembang Divisi Hukum, Abdul Malik SHi MH yang hadir selaku narasumber dalam sosialisi tersebut memaparkan bahwa, nilai kebangsaan merupakan nilai yang lahir atau bersumber dari Pancasila, UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Seperti pada pasal satu ayat dua, yaitu kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar,” katanya.

Baca Juga :   Satu Pemilih Butuh Waktu 11 Menit Dalam Proses Pencoblosan

Dalam kesempatan tersebut, Malik juga mengajak kepada pemili pemula untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu serentak nanti, mengingat jumlah pemili pemula yang cukup besar di kota Palembang. “Partisipasi di kota Palembang sejak pemilu secara langsung cukup kooperatif. Untuk itu, mendongkrak partisipasi pemilih kami berharap partisipasi aktif para pemilih pemulah tidak hanya menggunakan hak dirinya saja, tetapi juga bisa mengawasi keberlangsungan pemilu di TPS dan juga menjadi penyelelenggara di tingkat TPS,” tutupnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here