Pemerintah Sumatera Selatan
TAG TOYOTA
BANK INDONESIA
17 Agustus 2020
Beranda Ekonomi Ajak Mahasiswa Pahami Bisnis Telekomunikasi, XL Gelar Program Future Leaders

Ajak Mahasiswa Pahami Bisnis Telekomunikasi, XL Gelar Program Future Leaders

Tanggal : Pukul :
172
0
Suasana kegiatan program XL Future Leaders yang digelar secara virtual
Suasana kegiatan program XL Future Leaders yang digelar secara virtual (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel – PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengajak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, lebih memahami dunia bisnis telekomunikasi di Indonesia. Dengan menjadi peserta program XL Future Leaders (XLFL)

Melalui agenda kegiatan industrial visit yang dilakukan secara telekonferensi, mereka mendapatkan paparan dari sejumlah leader mengenai proses bisnis yang kini dijalankan XL Axiata dalam melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia.

Head of Sales XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, salah satu privilege yang diberikan pihaknya kepada mahasiswa XLFL. Mereka bisa mengetahui secara detail, seperti apa proses bisnis di XL Axiata.

“Dari situ, mereka akan paham mengenai proses di perusahaan modern era digital. Selanjutnya kami berharap, mereka bisa mengambil sikap dan mengetahui, apa yang harus dilakukan. Serta bagaimana mereka bisa masuk kedalamnya suatu saat nanti,” harapnya melalui rilis, Kamis (09/07).

Kegiatan ini diikuti oleh 27 mahasiswa, yang berasal dari Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Malikussaleh, Universitas Pelita Harapan Medan, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Del, Universitas Andalas, Universitas Riau dan Universitas Sriwijaya.

Dalam kegiatan ini, Employee Relation, Iwan Syafrizal menyampaikan materi, tentang bagaimana XL Axiata harus mampu beradaptasi dengan segala kondisi. Seperti saat ini, tiba-tiba datang pandemi. Adaptasi secara cepat harus segera dilakukan agar karyawan selamat dan bisnis tetap dapat berjalan.

Baca Juga :   Sepanjang 2019, Rifan Berhasil Menembus Transaksi 1,5 Juta Lot

Kemudian Head Trade & Channel XL Axiata West Region, Aldian Garilbaldi dalam materinya menyampaikan paparan tentang rantai distribusi produk.

Masih dalam satu rangkaian acara ini, para peserta juga akan mendapatkan paparan, tentang pengalaman yang didapatkan tiga orang alumni XLFL, yang kini telah menduduki posisi penting di perusahaan tempat mereka berkarir.

Ketiganya adalah Key Account Manager for Automotive and Parts Category at Bukalapak, Julian Leonard Hardenberg. Lalu, Product Management, Merchant Onboarding, Grab, Arief Ismaidi. Kemudian, Solution Advisor, SAP, Alvin Prayogo Komala.

XL Future Leaders adalah program pengembangan kepemimpinan, guna mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar.

Dengan begitu, XL Axiata berharap para peserta suatu saat nanti, bisa secara maksimal ikut membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan. Tahun ini, kembali XL Future Leaders akan melakukan seleksi untuk para calon peserta.

Ditambahkanya, untuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini. Peserta harus memenuhi syarat untuk menjadi peserta XLFL, yakni mahasiswa tahun pertama dan kedua atau masuk semester pertama sampai keempat, dengan jurusan baik dari rumpun ilmu eksakta maupun ilmu sosial.

Baca Juga :   Perkuat Market Furniture, Spektra Hadirkan Promo Bunga Nol Persen

Program XL Future Leaders ini, terbuka untuk semua jurusan. Karena kurikulum yang diajarkan, lebih mengedepankan penguasaan peserta atas berbagai soft skills, yang bertumpu pada kemampuan dalam komunikasi yang efektif, kemampuan mengelola perubahan, serta inovasi dan kewirausahaan.

Soft skills yang diajarkan tersebut, akan membekali kemampuan alumni untuk beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan segala kegiatan di dalamnya.

“Mereka akan mudah untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif, juga berpikir secara kritis. Kurikulum yang diterapkan juga sejak awal, sudah dirancang dengan menyesuaikan pada perkembangan era digital hingga beberapa tahun ke depan,”urainya.

Dengan demikian, diharapkan apa yang diajarkan juga akan tetap relevan untuk diaplikasikan di masa ketika digitalisasi semakin mempengaruhi berbagai sisi kehidupan.

“Untuk program XLFL tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan,” jelasnya. (ril/may)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here