Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Air Sungai Manna Masih Meluap, Jembatan Putus Ditimbun Batu dan Tanah

Air Sungai Manna Masih Meluap, Jembatan Putus Ditimbun Batu dan Tanah

Tanggal : Pukul :
177
0
Kondisi jembatan putus usai perbaikan sementara. Foto Istimewa

Lahat, Detik Sumsel — Aliran sungai Manna yang melintasi di Desa Gunung Kerto dan Desa Lubuk Tabun, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, pasca meluap beberapa waktu lalu. Hingga hari ini air masih terlihat tampak besar. Bahkan sebelumnya arus kencang sungai Manna tersebut, sempat memutuskan Jembatan Panggung, penghubung kedua desa itu.

Setelah dua pekan menggunakan jembatan alternatif. Meskipun baru ditimbun menggunakan material sementara, alias belum permanen. Kini bagi warga yang menggunakan kendaraan roda dua, dan roda empat, sudah bisa melintas seperti biasanya.

“Sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat. Kita timbun dengan material tanah dan dibuat penyanggah dari batu, yang kita isikan ke dalam karung sepanjang kurang lebih 30 meter,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lahat, Mirza Azhary ST, Kamis (16/5).

Lanjutnya, agar warga yang melintas tidak lagi was-was. Jika air sungai manna mulai mengecil, pihaknya sesegera mungkin melakukan perbaikan secara permanen, terhadap jembatan tersebut. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan, berkisar Rp 2 M.

“Air nya masih besar, belum bisa lakukan perbaikan. Kalau surut nanti, langsung kita kerjakan, agar warga tidak was-was lagi,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Lahat, H Haryanto mengatakan, kejadian itu musibah besar bagi masyarakat di Tanjung Sakti. Bukan hanya jembatan, puluhan hektar sawah juga terancam tidak bisa digarap lagi. Pihaknya sudah memerintahkan dinas terkait, untuk mengendalikan kondisi ini agar bisa seperti semula lagi.

“Sementara, perbaikan jembatan dulu, agar roda perekonomian disana tidak lumpuh. Dinas terkait juga sudah kita pinta untuk cari cara, bagaimana caranya lahan sawah warga ini kembali bisa digarap,” kata Haryanto. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here