Iklan Iklan
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH meninjau lokasi kebanjiran, foto Istimewa.

Air Manna Meluap, Belasan Rumah Terendam

Lahat, Detik Sumsel – Dipengujung ramadhan tahun ini, Kabupaten Lahat kembali diselimuti duka. Hujan deras yang menjatuhi Kecamtan Tanjung Sakti Pumi sejak Sabtu (8/5) lalu, membuat air Sungai Manna meluap. Mengakibatkan 3 desa diantaranya Desa Tanjung Sakti, Desa Negeri Kaye, dan Desa Penandingan terendam air, ratusan hektar lahan sawah milik warga rusak dan gagal panen.

Pantauan hari ini air sudah surut, warga setempat tengah lakukan pembersihan rumah dari sisa-sisa material yang dibawa oleh banjir. Kejadian saat ini membuat delapan rumah warga dan sembilan lahan persawahan warga terendam banjir.

Baca Juga :   Janda Penghuni Rusun Kasnariansyah Tewas Dibunuh Tetangga

“Masih didata berapa jumlah warga yang terkena musibah ini. Desa Tanjung Sakti 5 rumah, Desa Penandingan sembilan rumah, desa Negeri Kaye tujuh rumah,” kata Camat Tanjung Sakti Pumi, Yefri Kurniawan, Minggu (9/5).

Sementara Kades Penandingan, Leo Andika, dirinya mengatakan, sembilan sawah milik warga yang terendam banjir dipastikan gagal panen, sedangkan dari delapan rumah yang terkena banjir, satu diantaranya mengalami kerusakan. Selain itu, jembatan dan tembok penahan irigasi juga alami kerusakan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, warga kita masih bersih-bersih puing sisa banjir,” katanya.

Baca Juga :   Guru dan Kesehatan Jadi Primadona di Lahat

Disisi lain, Bupati Lahat, Cikl Ujang SH sejak Minggu pajar telah meluncur ke lokasi yang tidak jauh berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu itu. Sembari melihat langsung kondisi warga, Bupati Lahat bersama Ketua DPRD Lahat sudah meninjau titik-titik rawan dan vital untuk segera dilakukan perbaikan.

“BPBD dan OPD terkait sudah mencatat apa saja yang diperlukan agar sutiasi disi kembali sseperti semula. Masyarakat harus bersabar, secepatnya akan segera kita lakukan perbaikan agar akses perekonomian masyarakat tidak alami kendala,” sampai Bupati Lahat. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jatanras Polda Sumsel Ringkus Komplotan Pencuri Buah Sawit Milik PT Andira Agro

Palembang, Detik Sumsel — Anggota Unit 1 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel meringkus delapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *